Sukses

Kaesang Bisnis Ikan Lele, Jokowi: Ini Apalagi?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi mendorong anak-anak muda untuk memanfaatkan kesempatan di berbagai bidang. Dengan dinamika sekarang, Anak muda bisa cepat sekali menangkap kesempatan di berbagai titik.

"Sangat beda dengan saya dulu, sekarang ada fashion stylist, barista, fotografi dan macam-macam dan itu bisa menghasilkan (uang) semua dan tidak sedikit," kata Jokowi di Festival Terampil Jakarta pada Sabtu, 9 Februari 2019.   

Jokowi mengakui anak-anak muda sekarang punya peluang untuk melakukan apapun karena terjadi perubahan ekonomi global maupun nasional.   

"Jadi perilaku-perilaku kita juga berubah, kopi juga punya peluang sangat besar dikembangkan. Jangan kalah dengan brand-brand asing," tegasnya dikutip dari Antara.   

Jokowi mengaku sempat mencoba kopi yang dijual brand kopi asing untuk membandingkan rasa dan harganya. 

"Saya coba semua, saya ngopi di brand asing, jangan dipikir saya seneng di situ, nanti diklik dikatakan Jokowi suka brand asing, saya hanya mau membandingkan harganya dan rasanya," jelasnya.

Jokowi lalu saya masuk satu outlet kopi Tuku di Cipete Jaksel, 3 Juli 2018. Pemiliknya masih muda sekali, mau masuk antre.   

"Saya beli, saya coba, saya rasa-rasakan tidak kalah dengan brand asing itu. Betul, artinya kita dapat melakukan itu lalu saya bandingkan harganya, satu cangkir harganya Rp 18 ribu, saya bandingkan dengan (brand asing) di sana Rp 60 ribu, Bagaimana saya suruh ke brand asing rasa sama persis di sini Rp 18 ribu yang sana Rp 60 ribu," ungkap dia. 

Ia pun berharap pemilik Kedai Kopi Tuku agar segera membuka cabang di tempat lain sebanyak-banyaknya. Dan bila kalau perlu jejerkan brand asing itu dengan Tuku

"Berani tidak? Siapa menang siapa kalah? Saya yakin Tuku yang menang," tegasnya.   

 

2 dari 2 halaman

Mulai dari Awal

Untuk dapat menang dalam kompetisi, Jokowi menilai bahwa semua usaha anak muda harus dimulai dari bawah.   

"Mulailah dari yang paling kecil. Anak saya (Kaesang Pangarep) mulai belok lagi, 'Pak sekarang saya bisnis lele', Ini apalagi? Hitung-hitugannya seperti apa? Waduh ini lebih gede lagi, lele itu demandnya banyak sekali, tapi suplainya sedikit. Tapi saya pesan mengurus hewan yang bernyawa tidak mudah, kalau tangannya  tidak dingin bisa mati semua sehari, untung gede, risiko juga gede," kata Jokowi mengingatkan.    

Dia pun berpesan agar anak muda tidak merasa rendah diri saat baru memulai usahanya.   

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Putri Tanjung Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi, Bukan Modal Nama Orangtua
Artikel Selanjutnya
Fahri Hamzah Sebut 7 Milenial Staf Khusus Jokowi Hanya Etalase, Tak Wakili Desa