Sukses

Jokowi Senang Dana Desa di Jatim Terserap hingga 99 Persen

Presiden Jokowi mengatakan, pendamping dana desa di Jawa Timur merupakan salah satu yang paling militan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku bahagia dana desa di Jawa Timur terserap hingga 99%. Menurut dia, hal ini lantaran para pendamping dana desa di Jawa Timur juga bekerja keras dan cepat untuk memajukan desa.

"Saya senang sekali dapat laporan dari gubernur mengenai hasil dana desa di Jatim. Keberhasilan ini sangat didukung oleh para pendamping desa yang lain‎," ujar Jokowi saat menghadiri acara sosialisasi dana desa di Gedung DBL Surabaya Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pendamping dana desa di Jawa Timur merupakan salah satu yang paling militan di Indonesia. Jokowi pun mengapresiasi kerja keras para pendamping dana desa.

"Dibandingkan daerah provinsi lain, di Jatim ini, pendamping desanya sangat militan untuk desanya masing-masing. Saya dibisiki Pak Menteri realisasi dana desa 99,6 persen. Ini sangat tinggi sekali, saya apresiasi," kata dia.

Jokowi mengatakan, anggaran dana desa yang telah digelontorkan di Jawa Timur sekitar Rp19 triliun dalam empat tahun. Untuk itu, dia berpesan agar dana desa sebesar itu tak kembali ke kota atau Jakarta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Infrastruktur Desa

"Saya titip jangan uang sebesar itu kembali ke kota atau Jakarta usahakan uang terus berputar terus dari desa ke desa. Income kita semakin naik, infrasktruktur meloncat karena dana desa ini," ucap dia.

Menurutnya, dana desa juga telah membangun infrastruktur di desa. Dengan begitu, pondasi pembangunan desa juga telah dilakukan karena program ini.

"Orang boleh banyak berbicara mengenai jalan tol, jalan yang besar, Surabaya sampai ke Jakarta sudah dibuka, bisa lebih cepat, pelabuhan besar dan airport telah dibangun. Tetapi sebetulnya saya paling senang kalau infrastruktur di desa-desa itu siap semua," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.