Sukses

2 Gempa Hari Ini di Indonesia, Tak Berpotensi Tsunami

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, bahwa gempa yang terjadi pagi tadi di Tapanuli Utara tidak berpotensi tsunami.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali menguncang wilayah Indonesia hari ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada dua kali getaran gempa yang dirasakan terjadi di Kabupaten Tapanului Utara, Sumatera Utara, Selasa (15/1/2019).

Meski terjadi pada satu wilayah yang sama, goncangan dirasakan pada waktu yang berbeda. Dimulai dari pukul 06.59 WIB hingga siang tadi pukul 11.46 WIB.

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG juga menyebutkan, gempa yang terjadi pagi tadi tidak berpotensi tsunami. Begitu pun dengan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa juga belum teridentifikasi.

Meski demikian, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berikut dua guncangan gempa yang dirasakan hari ini di Tapanuli Utara:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tapanuli Utara Magnitudo 5

Gempa mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, padi tadi, pukul 06.59 WIB. Pusat gempa berada di darat pada kedalaman 10 kilometer.

Lewat laman resminya, BMKG melaporkan kekuatan lindu bermagnitudo 5 dengan pusat gempa berada pada 1,8 Lintang Utara (LU) dan 99,12 Bujur Timur (BT).

Atau lebih tepatnya berada pada 26 kilometer bagian tenggara Tapanuli Utara.

3 dari 3 halaman

Tapanuli Utara Magnitudo 3,8

Selang 4 jam kemudian, Kabupaten Tapanuli Utara kembali di goyang gempa. Berbeda dengan sebelumnya, siang tadi, pukul 11.46 WIB, kekuatan lindu bermagnitudo 3,8. 

Pusat gempa juga dilaporkan berada di darat dengan kedalaman 6 kilometer. 

Sementara pusat gempa berada  di 1,87 LU dan 99,22 BT, atau berada pada 23 kilometer tenggara Tapanuli Utara.

Higga berita ini diturunkan, pihak BMKG belum melaporkan adanya kerusakan yang ditimbulkan dari gempa tersebut. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    Info BMKG

  • Gempa Bumi