Sukses

4 Fakta Kondisi Ustaz Arifin Ilham yang Sempat Dikabarkan Meninggal Dunia

Kondisi Arifin Ilham yang mulai menurun diduga akibat kanker kelenjar getah bening stadium 4 yang dideritanya.

Liputan6.com, Jakarta - Ustaz kondang Arifin Ilham kini terbaring lemah di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Seiring kesehatannya yang menurun, sejumlah tokoh negeri ini menjenguk sang pemuka agama ke rumah sakit untuk mendoakan kesembuhannya.

Arifin Ilham sempat mengalami kanker kelenjar getah bening stadium 4. Dia pun harus menjalani kemoterapi selama 2 bulan untuk kesembuhannya. Hasilnya dia dinyatakan sembuh.

Adalah sang putra Muhammad Faiz Alvin yang mengabarkan aktivitas ayahnya di akun Instagram pribadinya alvin_11. Dia mengunggah sebuah video dengan memperlihatkan sang ayah yang sedang menunggang kuda.

"Alhamdulilah abi @kh_m_arifin_ilham kembali sembuh dan sehat. Terimakasih ya teman-teman untuk doanya. Doakan semoga abi disehatkan selalu, berkah selalu, dilancarkan dakwahnya, dan terus menjadi teladan untuk kita semua, khususnya saya pribadi, aamiin," ucapnya.

Namun, kini sang ustaz harus kembali mendapatkan perawatan di rumah sakit. Berikut sejumlah fakta terkait kondisi kesehatan Ustaz Arifin Ilham dan kabar hoaks tentang dirinya:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sempat Sembuh, Namun Dilarikan Kembali ke RS

Ustaz Arifin Ilham kembali dirawat di RS RSCM. Kabar ini pertama kali tersebar lewat unggahan sang putra di akun Instagram miliknya.

"Mohon doanya semoga abi @kh_m_arifin_ilham disembuhkan dan kembali sehat walafiat," ucap Alfin Faiz, Senin (7/1/2019) sore. 

Nampak dalam foto tersebut, Ustaz Arifin Ilham yang diapit Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan putranya Alvin dengan selang infus di tangan kanannya.

Tubuh pemuka agama kondang ini juga nampak kurus dengan wajah yang sedikit menghitam.

Tak sedikit warganet yang mendoakan kesembuhan Ustaz Arifin Ilham. Salah satunya diungkapkan oleh sofiebetawiAamiin.

"ya Alloh ... semoga sehat seperti sediakala @kh_m_arifin_ilham angkatlah semua penyakit yg ada pada diri Ustadz 🇬🇧🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻."

3 dari 5 halaman

2. Diisukan Meninggal Dunia

Saat kondisi kesehatannya tengah menurun, ustaz Arifin Ilham malah sempat diterpa isu tak sedap. Pendiri majelis taklim bernama Az Zikra ini dikabarkan telah meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya.

Oleh rekan ustaz Arifin, informasi itu dibantah keras. Dia menegaskan kondisi pemimpin Majelis Az Zikra ini sudah membaik.

"Saya waktu mau berangkat ke sini dapat kabar Beliau meninggal. Saya telepon orang terdekat Arifin ternyata itu informasi hoaks," ucap Habib Muhsin bin Zain Alattas di RSCM, Selasa (8/1/2019).

"Alhamdulillah Allah SWT masih memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa menjenguk Beliau. Saya lihat kondisinya baik dan sehat," imbuh dia.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Dia juga membantah kabar yang menyebut Arifin Ilham telah tiada.

"Ustaz Arifin Ilham tidak wafat. Yang menyatakan wafat itu hoaks," ucap dia.

4 dari 5 halaman

3. Doa dari Para Tokoh Negeri

Selain warganet, banjir doa untuk ustaz kelahiran Banjarmasin, 8 Juni 1969 ini juga datang dari  sejumlah tokoh negeri ini. Salah satunya dari cawapres nomor urut 1, KH Ma'ruf Amin.

Ma'ruf menjenguk Ustaz Arifin Ilham di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo, Selasa siang, 8 Januari kemarin. 

Kepada awak media, Ma'ruf mengatakan, sosok ustaz Arifin Ilham masih sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara. Karenanya, dia mengajak masyarakat mendoakan Arifin Ilham agar Allah segera mengangkat penyakitnya.

"Beliau orang yang bermasyarakat, dan senantiasa mengajarkan orang berzikir kepada allah, karena itu mudah-mudahan beliau diberi umur panjang, disembuhkan penyakitnya, disembuhkan sakitnya," ujar cawapres Jokowi ini. 

Selain Ma'ruf Amin, ada pula mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault. "Mohon doa Ustaz Arifin Ilham sekarang sedang sakit. Kita doakan semoga diberikan kesembuhan oleh Allah SWT," ucapnya.

Doa untuk kesembuhan ustaz Arifin Ilham juga datang dari Ketua MPR  Zulkifli Hasan. Dia mengaku sempat bercakap-cakap dan melihat kondisi ustazArifin mulai terlihat segar.

"Tadi alhamdulillah sudah bicara. Memang kadang-kadang masih ada batuk sedikit," tutur Zulkifli Hasan.

5 dari 5 halaman

4. Sahabat pun Datang

Para tokoh agama sekaligus para sahabat ustaz Arifin Ilham pun juga datang menjenguk. Ustaz Yusuf Mansur mendoakan agar sahabatnya cepat diberi kesembuhan serta kekuatan.

Yusuf Mansur pun menceritakan jika ustaz Arifin memiliki kemauan kuat untuk sembuh.

"Alhamdulillah tadi saya diperkenankan masuk ke kamar Ustaz Arifin Ilham. Saya pegang tangannya, dan dia bales pegang tangan saya dengan kuat, itu tandanya dia tidak lemah," ujar Yusuf Mansur kepada media, Selasa kemarin.

Pengalaman unik sempat diceritakan Yusuf Mansur saat berada di Ruang Kencana, lantai 7 RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat. Wajahnya diusap oleh ustaz Arifin Ilham.

"Dia ikut baca apa yang saya baca, bahkan mendoakan saya sambil mengelus wajah saya, beliau juga ngajak becanda. Insya Allah dia panjang umur, dan ada harapan sangat sehat, Insya Allah," ujar Yusuf Mansur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.