Sukses

Wali Kota Jakut: Tak Ada Penurunan Tanah di Tanjung Priok

Calon presiden Prabowo Subianto mengatakan air laut dari Tanjung Priok akan sampai di Bundaran HI pada 2025.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Jakarta Utara Syamsudin Lologau mengatakan tak ada penurunan muka tanah di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Engga (ada penurunan), ke sana aja kalau mau lihat, enggak ada itu," kata Lologau di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Calon presiden Prabowo Subianto sebelumnya mengatakan air laut dari Tanjung Priok akan sampai di Bundaran HI pada 2025. Mengenai pernyataan Prabowo tersebut, Lologau enggan berkomentar. "Ah saya jangan berikan komentar. Nggak ada," ucapnya.

Terkait permasalahan banjir rob yang rutin terjadi di Jakarta Utara, Pemprov telah memperbaiki turap yang longsor.

"Penanggulannya robnya itu kan anu turapnya yang longsor, perintah pak gubernur diperbaiki dulu itu," ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan pihaknya telah menyiapkan antisipasi banjir Jakarta. Anies juga enggan menanggapi pernyataan Prabowo soal tenggelamnya Jakarta pada 2025.

"Saya enggak komentar soal ramalan, saya menyiapkan tentang program yang memang sudah direncanakan pemerintah. Itu tugas saya," kata Anies.

Salah satu antisipasi yang dimaksud Anies adalah membangun National Capital Integrated Coastal Development (NCID) atau tanggul laut raksasa bersama pemerintah pusat.

"Mengapa di sana dibangun program NCICD dengan pemerintah pusat? Untuk tanggul yang berada di pantai, dan itu akan kami teruskan, kami akan tuntaskan. Harapannya untuk menjaga, mengamankan," ujar dia.

Solusi lain adakah melarang penyedotan air yang menyebabkan turunnya permukaan tanah dan membangun drainase vertikal secara masif.

"Harapannya saat musim penghujan kita membantu mengisi tanah-tanah kita dengan air yang cukup," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramalan Prabowo

Calon presiden Prabowo Subianto menyebut bahwa air di laut utara Jakarta akan mencapai Bundaran Hotel Indonesia, pada tahun 2025.

Hal itu disampaikan Prabowo berdasarkan prediksi United Nations (UN) atau Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

"Air laut di bagian utara Jakarta meninggi, UN memprediksi, diperkirakan air di Tanjung Priok pada 2025 akan sampai pada Hotel Kempinski, Hotel Grand Hyatt, Bundaran HI," ujar Prabowo saat menjadi pembicara dalam acara Indonesia Economic Forum 2018, di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.