Sukses

Anies Tinjau Rumah Ambles di Pademangan

Sebelumnya, Anies menjelaskan, pihaknya bakal menjadikan kasus ini pelajaran.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi rumah yang ambles di bantaran Kali Anak Ciliwung RT 001 RW 008 Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (20/11/2018). Tanah ambles itu diduga terjadi karena pengerukan kali yang terlalu pinggir.

Berdasarkan pantauan, Anies tiba di lokasi pada pukul 12.30 WIB. Setibanya di lokasi, Anies yang mengenakan kemeja berwarna biru itu pun langsung mengecek rumah-rumah yang ambles.

Sebelumnya, Anies menjelaskan, pihaknya bakal menjadikan kasus ini pelajaran. Agar ke depan Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta lebih hati-hati mengerjakan tugasnya.

"Ini akan jadi bagian dari koreksi jangka panjang," ucap dia di Balai Kota Jakarta, Senin 19 November 2018.

Tapi, Anies menerangkan, sejak dulu salah satu konsentrasi pihaknya dalam pengerukan sungai adalah dinding-dinding di kanan dan kiri yang tidak selalu memiliki pondasi yang cukup dalam.

"Konsekuensinya hanya bisa mengeruk di bagian tengah begitu ke pinggir potensi longsor menjadi tinggi. Di sisi lain ketika pengerukan hanya di tengah efektivitasnya menurun," tandas Anies.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Rumah Ambles

Sebanyak tiga rumah warga di Pademangan, Jakarta Utara, ambles akibat dampak pengerjaan proyek normalisasi anak Kali Ciliwung. Kondisi rumah yang membahayakan untuk ditinggali, membuat petugas mengungsikan warga ke tempat pengungsian sementara.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin, 19 November 2018, tiga rumah ambles bahkan nyaris ambruk akibat tergerus dampak dari pengerjaaan proyek normalisasi anak Kali Ciliwung.

Pihak Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara telah berupaya melakukan penguatan dinding kali untuk menahan longsor. 

Sebanyak 21 jiwa warga di kawasan tersebut diungsikan sementara ke tenda yang dibangun pihak Kelurahan Ancol. Warga berharap pengerjaan penguatan dinding kali cepat selesai, agar mereka tidak perlu lama berada di pengungsian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.