Sukses

Segera Pasang Dinding Turap, Waring Kali Sentiong Dicopot

Setelah pemasangan sheetpile akan dilakukan pengerukan di Kali Sentiong. Sebab sebelumnya pengerukan tidak dapat dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mulai mencopot waring atau jaring hitam yang dipasang di Kali Sentiong atau Kali Item, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendrawan mengaku telah memberitahukan pencopotan tersebut kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selanjutnya akan dimulai naturalisasi sungai dan pemasangan sheetpile atau dinding turap beton.

"Saya sudah bersurat dengan Pak Gubernur mohon izin waring hitam kita cabut agar selesai untuk pembangunan sheetpile untuk sisi kanan dan sisi kirinya," kata Teguh di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (15/11/2018).

Dia menjelaskan, pembangunan normalisasi sarana kali Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan sebesar Rp 369 milliar. Biaya tersebut terbagi untuk beberapa lokasi seperti Kali Grogol, Kali Sekretaris di Jakarta Barat yang dilakukan secara bertahap.

"Kontrak pelaksanaannya bertahap. Sekarang maju ke depan Wisma Atlet Sentiong jalan semuanya," ucapnya.

Selanjutnya kata dia, setelah pemasangan sheetpile akan dilakukan pengerukan di Kali Sentiong. Sebab sebelumnya pengerukan tidak dapat dilakukan di area itu.

"Karena nggak mungkin dikeruk waktu kemarin Asian Games nggak bisa dikeruk, karena pas dikeruk satu meter sudah longsor makanya kelanjutan program kita bangun sheetpile di sana," kata Teguh.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bau Menyengat

Sebelumnya, Kali Sentiong, atau populer disebut Kali Item, kini sudah berbenah setelah mendapat sorotan karena bau yang menyengat. Hal ini lantaran lokasinya berdekatan dengan wisma para atlet yang akan berlaga di Asian Games nanti.

Pemprov DKI berusaha keras mencari cara untuk menghilangkan bau Kali Item. Cara terbaru yang dilakukan adalah dengan mengguyur 500 kg serbuk penghilang bau, Deogone, ke Kali Item. Hasilnya, bau menyengat tak tercium lagi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga memasang jaring hitam atau waring di atas Kali Sentiong atau Kali Item. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.