Sukses


Wakil Ketua MPR Ingatkan Ibu - ibu Akan Dampak Teknologi

Wakil Ketua MPR RI mengingatkan ibu - ibu dampak kemajuan teknologi saat sosialisasi empat pilar kepada anggota Majelis Ta'lim Husnul Khotima.

Liputan6.com, Jakarta Wakil ketua MPR Mahyudin melakukan Sosialisasi Empat Pilar kepada anggota Majelis Ta'lim Husnul Khotima di Kota Bontang, Kalimantan Timur, Senin (29/10).

Dalam sosialisasi tersebut, Mahyudin mengatakan pada zaman dulu bila orang mau naik haji ia harus naik kapal laut. Perjalanan ke Mekkah memerlukan waktu 40 hari.

"Lama perjalanan pulang pergi dan saat melakukan ibadah membuat para jamaah saat diantar oleh keluarga diiringi dengan tangisan karena mereka akan berpisah dalam waktu yang lama," ujar Mahyudin.

Adanya kemajuan teknologi dengan terciptanya pesawat terbang membuat jarak tempuh antara Indonesia dan Arab Saudi bisa ditempuh dengan singkat. Apalagi ditambah dengan sistem ibadah haji khusus yang menjadikan ibadah ini lebih singkat tak lebih dari dua minggu.

Ringkasnya, perjalanan disebut Mahyudin sebagai dampak positif dari kemajuan teknologi. Mahyudin mencontohkan lagi, dengan adanya alat komunikasi, telepon, membuat jarak menjadi bukan halangan. Sekarang siapa saja bisa berkomunikasi dengan yang lain di mana pun tempatnya dengan cepat.

"Dulu yang bisa berkomunikasi jarak jauh hanya wali saja", ungkapnya.

Meski ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak positif dan kemajuan namun dari penggunaan teknologi ini juga mempunyai dampak negatif. Dalam survei di sebuah daerah terbukti 40 persen angka perceraian diakibatkan dari media sosial.

"Media sosial memunculkan hubungan yang lain", paparnya.

Dampak buruk dari media sosial tak hanya itu, sekarang juga sering tersebar Hoaks alias berita bohong. Hoaks dibuat oleh orang-orang yang tak suka dengan keberhasilan orang lain, haters.

"Haters adalah orang yang susah melihat orang senang, senang melihat orang susah," tuturnya.

Menurut Mahyudin, dampak buruk kemajuan teknologi dan globalisasi, merupakan salah satu tantangan kebangsaan. Untuk menangkal yang demikian, MPR melakukan Sosialisasi Empat Pilar.

Empat Pilar menurut pria asal Kalimantan itu merupakan alat pemersatu. Indonesia dikatakan memiliki beragam suku, agama, bahasa, dan perbedaan lainnya.

"Sama dengan Bontang, di kota ini berbagai suku dan agama ada," ungkapnya.

Sebagai negara yang majemuk, Indonesia perlu bersyukur sebab kita memiliki Pancasila. Ia membandingkan dengan Arab Saudi yang suku dan bahasanya tidak banyak namun mereka selalu didera konflik.

"Inilah berkah kedamaian di Indonesia yang patut disyukuri," tuturnya.

Mahyudin mengatakan, dulu ibu-ibu saat sekolah mendapat pelajaran PMP. Namun dalam era reformasi mata pelajaran itu dihapus dan selanjutnya diganti PPKN.

"Dulu pelajaran PMP penting, meski matematika dapat nilai 8 kalau PMP dapat 5, ia tidak naik kelas," ungkapnya.

Selain PMP, pelajar dan elemen masyarakat lainnya juga dapat Penataran P4.

Setelah era reformasi, untuk lebih menggiatkan dan menanamkan kembali Pancasila, MPR melakukan sosialisasi.

"Ini merupakan amanat UU MD3," tegasnya.

Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, perlu disosialisasikan sebab menurut Mahyudin untuk menjawab tantangan seperti di atas. Sosialisasi Empat Pilar ditujukan kepada seluruh masyarakat.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.