Sukses

Pemerintah Tiongkok Kirimkan Bantuan bagi Korban Gempa Palu dan Donggala

Bentuk bantuan yang diberikan Pemerintah Tiongkok bagi korban gempa di Palu dan Donggala berupa tenda, siste pembersih air, fogging, generator listrik, dan lain-lain.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Tiongkok mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk membantu penanggulanhan bencana gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (9/10/2018), pukul 14.00 WIB.

Bantuan langsung diberikan Minister Counsellor Bidang Komersial Kedutaan Besar Tiongkok Wang Liping kepada wakil pemerintah Indonesia, yaitu Meiladyastrinda Hapsari, selaku Supervisor Biro Hukum dan Kerja Sama Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Duta Besar Prayono Atiyanto dari Kementerian Luar Negeri.

Sebelumnya, Presiden Xi Jinping telah mengirimkan surat turut berbelasungkawa kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia menyampaikan rasa simpatinya kepada masyarakat Indonesia dan menyatakan kesediaannya untuk memberikan bantuan kepada pemerintah Indonesia bagi korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

Ucapan duka cita mendalam juga disampaikan Wang Yi, anggota Dewan Negara Tiongkok yang merangkap Menteri Luar Negeri. Surat ucapan belasungkawa langsung ditujukan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Bantuan yang Diberikan

Bentuk bantuan yang diberikan Pemerintah Tiongkok berupa tenda, sistem pembersih air, fogging, generator listrik, dan lain-lain. Bantuan akan dikirim ke Indonesia melalui lima kali penerbangan dalam beberapa hari ini.

Sementara itu, Kedutaan Besar Tiongkok juga telah memberikan sejumlah barang keperluan sehari-hari untuk para korban dan pengungsi gempa Palu serta Donggala. Pihak Indonesia sendiri akan mengirimkan bantuan tersebut ke area terdampak gempa dan tsunami secepatnya.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.