Sukses

Pengamat Prediksi Duet Ganjar-Erick Terwujud di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Ganjar Pranowo dan Erick Thohir dinilai semakin akrab dan menunjukkan kecocokan untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik M Qodari memprediksi duet calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Erick Thohir akan terwujud pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Pasalnya, dua figur pemimpin tersebut terlihat semakin akrab dan menunjukkan kecocokan untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya.

"Di antara nama-nama calon wakil presiden hari ini, menurut saya sudah harus mulai mengerucut. Kalau Pak Ganjar Pranowo itu kelihatan sering dengan Pak Erick Thohir,” ujar Qodari, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (22/3/2023).

Direktur Eksekutif Indo Barometer ini menjelaskan, Erick Thohir merupakan kandidat cawapres potensial dan terkuat untuk mendampingi capres seperti Ganjar Pranowo. Apalagi elektabilitas menteri andalan Presiden Jokowi ini terus moncer di bursa cawapres.

Berdasarkan hasil temuan terbaru Indo Barometer, Erick Thohir menempati posisi teratas dalam bursa cawapres 2024 dengan elektabilitas sebesar 22,9 persen. Disusul di belakangnya Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dengan elektabilitas 15,8 persen.

Bersaing di papan bawah bursa cawapres 2024 ada Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan elektabilitas 6,7 persen, kemudian Ketua DPR RI Puan Maharani dengan elektabilitas 6,3 persen, dan terakhir Pengusaha Chairul Tanjung di angka 2,7 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Dampak Elektoral Pasangan dan Partai Koalisi yang Mengusung

Qodari melihat, Erick Thohir mampu memberi dampak elektoral kepada capres dan partai koalisi yang mengusungnya di Pilpres 2024 mendatang.

Sebab, mantan Presiden Inter Milan ini terbukti memiliki modal yang cukup besar berupa elektabilitas tinggi, rekam jejak kinerja yang luar biasa, dan logistik yang kuat sebagai cawapres.

“Dengan ini tentu saja Erick Thohir bisa berpotensi untuk membantu kemenangan siapapun calon presidennya yang akan dia dampingi," ucap Qodari memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.