Sukses

Kejanggalan Luka Lebam Ratna Sarumpaet Versi Netizen

Kabar penganiayaan seorang aktivis, Ratna Sarumpaet, viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar penganiayaan seorang aktivis, Ratna Sarumpaet, viral di media sosial. Kabar ini pun menuai pro-kontra karena belum diketahui kebenarannya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun prihatin dengan kasus penganiayaan ini. Namun, ada sejumlah opini yang berbeda dan mengatakan bahwa wajah lebam Ratna Sarumpaet itu bukan karena pengeroyokan. Ridwan pun meminta agar Ratna Sarumpaet segera melapor ke polisi.

"Sebaiknya segera melapor kepada kepolisian agar kasus ini menjadi tuntas dan tidak jadi polemik," tulis Ridwan Kamil dalam akun Twitternya, Rabu (3/10/2018).

Sementara, sejumlah kejanggalan foto lebam Ratna Sarumpaet pun ramai dibahas oleh warganet. Salah satu netizen yang ikut membahas soal Ratna Sarumpaet adalah artis yang juga seorang dokter spesialis estetika, yakni Tompi.

Dalam akun Twiternya, @dr_tompi, dia menulis bahwa Ratna Sarumpaet melakukan penipuan dengan menyebut lebam hasil operasi plastik dengan penganiayaan.

Dalam akun twiternya itu pula, Tompi memberi penjelasan tentang bekas luka akibat operasi plastik.

"Setiap operasi dg sayatan pasti akan meninggalkan Bekas. Op (operasi plastik) bedah plastik itu bukan TDK BERBEKAS, Tp bs disembunyikan BEKAS nya. Jd kl org di op tp gak ngaku bisa aja. Tp bekas nya akan berbicara," tulis Tompi.

Menurut Tompi, jika operasi kantung mata maka sayatan akan tampak di bawah lulu mata dan melewar sedikit ke ujung mata kanan dan kiri.

"Biasanya kl diliat jarak deket sekali baru akan paham ada bekas patut garis halussssss. Kl liatnya jarak baca gak kliatan. Apalagi pake mata awam. Apalgi liat foto pake apps beauty," tulis Tompi.

Sementara jika operasi facelift, biasanya sayatan ada di sekitar depan telinga di batas garis rambut sampai belakang telinga.

"Bekas operasi itu namanya parut. Parut itu gak lansung “halus” ada fase awal namanya parut muda, bs bbrp bulan sejak abis op. Biasanya kemerahan, gatel, menimbul sedikit. Awam menyebutnya keloid padahal bukan. Keloid beda dengan parut muda atau bahkan parut jelek," kata dia.

Seiring waktu parut muda ini akan matang menjadi halus, rata, pucat dan tidak gatal.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wajah Lebam Bukan karena Dianiaya?

Foto wajah lebam Ratna Sarumpaet pun menjadi perdebatan di media sosial. Sejumlah netizen tak yakin Ratna Sarumpaet menjadi korban pengeroyokan. Seorang netizen dengan akun @yusufmuhamad, mengatakan wajah lebab Ratna Sarumpaet itu akibat oplasi plastik.

Dalam akun Instagramnya, Yusuf Muhamad menyebut Ratna Sarumpaet melakukan operasi plastik di rumah sakit di daerah Menteng, Jakarta Pusat.

"Terus terang diawal2 saya memang agak pangling dg wajah RS, sebab wajahnya yg beredar itu tampak jauh lebih muda dan kencang dibanding sebelumnya," tulis Yusuf Muhamad.

Dia pun meminta polisi untuk menyelidiki keberadaan Ratna Sarumpaet di rumah sakit tersebut.

"Jadi, Silakan @divisihumaspolri langsung saja ke RSK Bina Estetika untuk mencari tahu apakah Ratna Sarumpaet benar dipermak di sana atau tidak," tulis dia lagi.

 

 
 
 
View this post on Instagram

KLARIFIKASI ATAS HOAX PENGANIAYAAN RATNA SARUMPAET . Saya ingin menjelaskan bahwa foto wajah RS dengan lebam itu adalah benar, namun bukan karena dikeroyok melainkan diduga kuat karena operasi plastik. . Terus terang diawal2 saya memang agak pangling dg wajah RS, sebab wajahnya yg beredar itu tampak jauh lebih muda dan kencang dibanding sebelumnya. . Dan setelah diselidiki perubahan wajah RS yang tampak menjadi lebih muda itu ternyata bukan karena dipukuli tapi karena operasi plastik. . Sebelumnya RS memang benar pernah masuk rumah sakit, tapi bukan rumah sakit biasa di Bandung seperti yg dicari polisi, melainkan di RSK Bina Estetika di Menteng. . Dan jika masih ragu bahwa foto RS itu memang benar saat berada di RSK Bina Estetika maka bisa dilihat motif wallpaper pada dinding ruangan yang terlihat sama. Silakan perhatikan wallpaper kamar RSK Bina Estetika milik dokter Sidik Setiamihardja tersebut. Sama bukan? Kebetulan disana Ratna Sarumpaet juga ditangani langsung oleh dokter Sidik. . Jadi, Silakan @divisihumaspolri langsung saja ke RSK Bina Estetika untuk mencari tahu apakah Ratna Sarumpaet benar dipermak disana atau tidak. . Buat para netizen yg masih bingung kenapa orang dipukulin kok dagunya bisa makin lancip dan kulit makin kencang? Ya jawabannya ada di RSK Bina Estetika. . Oya, satu hal lagi. Mungkin ada yg penasaran kenapa jidat Ratna Sarumpaet bisa berbekas seperti ada guratan? Itu bukan karena dipukuli, tapi karena bekas penutup kepala saat tindakan oleh dokter. . Jadi, dengan ini pernyataan @prabowo dan gerombolannya bahwa RS dikeroyok sekelompok orang adalah HOAX! Yg benar RS dikeroyok dokter dan paramedis agar tampak lebih muda. . Dan air mata @hanumrais adalah air mata aktris gagal. Orang abis operasi plastik kok ditangisi dan dianggap sebagai Cut Nyak Din masa kini? Anda gak mabuk lem pipa, kan? . Atas kenyataan ini, maka marilah kita minta pada gerombolan @prabowo, @fadlizon, Dahnil, Rizal Ramli cs Untuk minta maaf secara terbuka karena telah sengaja menebarkan hoax di tengah masyarakat kita. Tokoh publik yg tidak mencerahkan justru membodohi publik. . Lanjut di komentar 👇

A post shared by Yusuf Muhammad (@_yusufmuhammad_) on

3 dari 3 halaman

Hasil Investigasi Polisi

Berdasarkan penyelidikan Polda Jabar, ditemukan bahwa tidak ada konferensi negara asing di Jabar pada 21 September 2018. Kemudian, berdasarkan hasil pengecekan 23 rumah sakit di Jawa Barat, tak ada pasien atas nama Ratna Sarumpaet.

Hasil koordinasi dari pihak Bandara Husein, seperti sopir taksi, avsec, sopir rental, porter, dan tukang parkir, mereka tak mengetahui peristiwa penganiayaan Ratna Sarumpaet.

Kemudian, tak terdapat manifes kedatangan atau keberangkatan penumpang atas nama Ratna Sarumpaet.

Sementara, Polda Metro Jaya menyelidiki bahwa jejak Ratna dalam waktu yang disebutkan dianiaya tengah berada di Jakarta. Hal itu terlihat dari call data record dan pembayaran di sebuah rumah sakit khusus bedah plastik di Menteng, Jakarta Pusat.

Hasil selengkapnya soal investigas polisi ini akan disampaikan dalam konferensi pers siang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.
    Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.

    Ratna Sarumpaet