Sukses

Anies: Asian Para Games Momentum Perbaiki Fasilitas Ramah Difabel

Anis ingin menumbuhkan kesadaran tentang kesetaraan. Betapa pentingnya memberikan perhatian ekstra.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta ajang Asian Para Games 2018 jadi momentum untuk menggenjot perbaikan fasilitas supaya ramah bagi penyandang disabilitas.

Anies mengajak warga Jakarta menjadikan Asian Para Games sebagai momentum untuk menyadarkan bahwa kesetaraan harus ada kepada semua aspek.

"Kesempatan, dan fasilitas harus setara," papar dia di Monas, Minggu (23/9/2018).

Anis Baswedan ingin menumbuhkan kesadaran tentang kesetaraan. Betapa pentingnya memberikan perhatian ekstra.

Selama ini fasilitas-fasilitas publik sangat kurang layak untuk penyandang disabilitas. Misalnya, penyandang tunanetra ketika naik kendaraan umum.

"Mereka pernah mengeluhkan bahwa naik kendaraan umum, tidak tahu sekarang sudah sampai dimana karena tidak ada pemberitahuan," ujarnya.

Bagi mereka yang tunanetra, lanjut Anies, itu masalah besar.

"Nah kejadian-kejadian seperti ini sering tidak disadari oleh masyarakat," ujar Anies Baswedan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Bus Ramah Difabel

Anies telah menginstruksikan aparatur untuk memanfaatkan momen Asian Para games untuk memperbaiki pelayanan bagi warga disabilitas di Jakarta. Antara lain, kesehatan, keamanan. Sebab, semuanya warga indonesia memiliki hak yang sama.

"Misalnya untuk bus kita siapkan busnya dengan dek rendah sehingga ramah bagi penyandang disabilitas, begitu juga dengan fasilitas-fasilitasumum utamanya di jalan-jalan protokol sejak beberapa bulan lalu sudah kita mulai dorong ada perbaikan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menganjurkan gedung-gedung yang ada di jalan protokol untuk memanfaatkan momen Asian Para games ini untuk memastikan fasilitasnya ramah penyandang disabilitas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.