Sukses

Istana Bogor Dibuka untuk Umum, Pengunjung Membludak

Jumlah kunjungan masyarakat untuk mengunjungi Istana Bogor meningkat 200 persen dibanding tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dari berbagai daerah antusias mengunjungi Istana Bogor. Hal itu terlihat dari antrean masuk di hari pertama dibukanya Istana Bogor untuk umum.

Informasi yang diperoleh dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, tercatat ada sebanyak 53.529 orang yang telah mendaftar even Istana untuk Rakyat (Istura) atau biasa disebut Istana Open itu.

Kepala Disparbud Kota Bogor Shahlan Rasyidi menyebutkan, jumlah kunjungan masyarakat untuk mengunjungi Istana Bogor meningkat 200 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Meskipun agendanya sempat tertunda dari jadwal yang sudah ditetapkan, namun tidak menyurutkan antusiasme pengunjung untuk melihat dari dekat Istana Bogor," kata Shahlan, Senin (10/972018).

Dengan melonjaknya jumlah pendaftar, lanjut Shahlan, membuktikan bahwa agenda tahunan dari rangkaian Hari Jadi Bogor (HJB) itu menjadi favorit dan dinantikan warga serta wisatawan luar daerah.

"Tentunya ini tidak lain sisi historis dan keberadaan Pak Jokowi di Istana Bogor, meskipun sejak beberapa tahun terakhir ini pada Istana Open tidak bisa masuk lagi hingga ke dalam istana," tutur Shahlan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paket Khusus

Namun demikian, untuk tahun ini pihak penyelenggara memberikan paket khusus yaitu pengunjung bisa langsung mengunjungi Museum Balai Kirti, Museum Zoologi, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau dahulu disebutnya Etnobotani.

"Kegiatan ini satu paket dan pastinya tidak dipungut biaya," kata dia.

Istana Open dibuka mulai hari ini hingga Kamis mendatang. Sebelumnya, Istana Open direncanakan pada 27-31 Agustus 2018. Tetapi karena Istana Bogor akan digunakan Presiden Jokowi untuk menjamu tamu kenegaraan sehingga Istana Bogor rencana itu urung terlaksana.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.