Sukses

Kebakaran di Baywalk Mall Pluit Karena Korsleting AC

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran yang terjadi di Baywalk Mall, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara sore tadi diketahui bersumber dari ducting air conditioner (AC) pusat perbelanjaan tersebut. Diduga, api muncul akibat korsleting listrik pada AC.

"Yang terbakar mal, bukan apartemen. Sumber apinya dari duct AC di lantai tujuh," ujar Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara Satriadi Gunawan saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (9/9/2018). 

Satriadi menuturkan, api sejatinya telah berhasil dipadamkan oleh petugas mal menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Namun pihak mal tetap memanggil petugas pemadam kebakaran untuk memastikan keamanan gedung tersebut. 

Asap tebal yang mengepul dari lantai tujuh sempat membuat panik pengunjung mal. Para pengunjung pun berhamburan menyelamatkan diri keluar gedung. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. 

"Pas kita masuk hawa panas masih ada. Itu hawa panas kan bisa merambat lewat ducting AC. Kita telusuri di tiap-tiap lantai, Alhamdulillah sudah aman," katanya. 

Petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Utara meninggalkan lokasi sekitar pukul 18.30 WIB setelah melakukan pendinginan dan memastikan gedung tersebut aman. Pada jam itu pula, aktivitas di Baywalk Mall berjalan normal kembali. 

"Dugaan korsleting listrik, arus pendek di AC. Kita tadi cuma memastikan aja. Sudah aman," Satriadi menandaskan. 

Sebelumnya sempat diberitakan, kebakaran terjadi di lantai tujuh Apartemen Green Bay, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Hal itu sebagaimana disampaikan petugas Command Center Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta. 

Namun rupanya kebakaran terjadi di lantai tujuh Baywalk Mall yang lokasinya tak jauh dari Apartemen Green Bay. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: