Sukses

Indonesia-Australia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama di Bidang Siber

Sementara di bidang ekonomi, Indonesia dan Australia sepakat untuk menegaskan pentingnya keterbukaan ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyepakati peningkatan sejumlah kerja sama di berbagai bidang. Satu di antaranya peningkatan keamanan siber.

Kesepakatan ini ditandatangani setelah keduanya melakukan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

"Kami sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang keamanan, termasuk di dalamnya bidang cyber security (keamanan siber)," kata Jokowi saat memberikan keterangan persnya bersama Scott Morrison di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8/2018).

Selain peningkatan kerja sama di bidang keamanan siber, Indonesia dan Australia juga sepakat berkolaborasi dalam pemberantasan terorisme dan pengembangan Indo-Pasifik.

"Kami memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkolaborasi dalam penanganan isu kawasan dan dunia, termasuk di dalamnya pemberantasan terorisme dan melanjutkan komunikasi mengenai pengembangan konsep indopasifik," ucap Jokowi

 

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bidang Ekonomi

Sementara di bidang ekonomi, kedua negara sepakat untuk menegaskan pentingnya keterbukaan ekonomi dan upaya memperkokoh hubungan ekonomi yang saling menguntungkan.

"Dalam kaitan ini kami menyambut baik selesainya perundingan Substantive Indonesia-Australia Comprehensive Partnership," terang Jokowi.

Selain kerja sama di sejumlah bidang tersebut, Jokowi dan Morrison juga menandatangani kerja sama di sektor ekonomi kreatif dan transportasi. Menurut Jokowi, kesepakatan ini guna mempererat hubungan antarkedua negara.

"Hal ini dapat dimaknai sebagai komitmen kuat pemerintah baru Australia untuk terus membangun sebuah hubungan yang kuat yang saling menghormati dan saling menguntungkan," tandas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.