Sukses

5 Petuah Nusantara yang Dikutip Jokowi di Sidang Tahunan MPR

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR RI. Dalam pidatonya, Jokowi mengutip lima petuah dari sejumlah daerah untuk memperkuat bangsa Indonesia.

Jokowi mengutip petuah dari mulai ranah Minang, Sunda, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, hingga Kalimatan. Jokowi memberikan pesan kepada masyarakat agar bisa bahu membahu untuk Indonesia yang lebih maju.

"Dari Ranah Minang, kita bersama-sama belajar: 'Barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang'. Berat sama-sama kita pikul, ringan sama-sama kita jinjing," kata Jokowi di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Kemudian dari Jawa Barat, Jokowi belajar bahwa membangun Indonesia dengan cara komitmen dan konsisten yang kuat. "Dari Tatar Pasundan, kita bersama-sama belajar: 'Sacangreud pageuh, sagolek pangkek’," lanjut Jokowi.

Selanjutnya dari Sulawesi Selatan, Jokowi belajar bahwa membangun Indonesia dilakukan dengan bekerja keras, rasa ikhlas serta didukung doa agar tercapai.

"Dari Bumi Anging Mamiri, kita bersama-sama belajar:'Reso temma-ngingi, nama-lomo, nale-tei, pammase dewata’," sambung Jokowi.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Simak pula Infografis 5 Pepatah Daerah di Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi berikut ini:

2 dari 2 halaman

Dari NTB dan Banjar

Lalu dari NTB, Jokowi belajar dengan bekerja sama dengan giat seluruh rakyat Indonesia bisa menikmati jerih payah yang telah diraih. "Bareng bejukung, bareng bebose’. Kita kerja bersama, kita nikmati bersama-sama," ungkap Jokowi.

Jokowi berharap, masyarakat Indonesia bisa bekerja sama dengan penuh semangat dan tidak bercerai berai.

"Dari Banua Banjar kita bersama-sama belajar: ‘Waja sampai kaputing’. Kita kerja bersama dengan penuh semangat, tidak patah di tengah jalan, tidak pernah menyerah," papar Jokowi.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: