Sukses

Jokowi Gaungkan Keberhasilan Timnas U-16 di Pidato Kenegaraan

Indonesia harus menjadi negara yang berdaulat, bermartabat, dan dihormati negara-negara lain di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kita tak cepat berpuas diri atas apa yang telah dicapai saat ini. Indonesia, kata Jokowi, harus mengejar ketertinggalan dari negara lain yang mampu berlari lebih cepat dalam menggapai kemajuan.

Indonesia, kata Jokowi, harus menjadi negara maju yang bisa berdiri sejajar dengan negara-negara maju lainnya di dunia.

Indonesia harus menjadi negara yang berdaulat, bermartabat, dan dihormati negara-negara lain di dunia. Oleh karena itu, ujar Jokowi, kita harus memperkuat fondasi dan mengumpulkan energi untuk melakukan lompatan kemajuan.

"Kita harus berani melakukan terobosan untuk melompat jauh ke depan. Kita harus berani membuat kebijakan yang hasilnya tidak kita nikmati saat ini, tapi membuat langkah kita ke depan menjadi lebih cepat," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan di Gedung DPR/MPR/DPD, Kamis (16/8/2018).

Jokowi mengatakan, kita tak boleh terjebak dalam pragmatisme jangka pendek, yang justru membuat jalan kita melambat di masa depan. Kita tidak boleh terjebak pada status sebagai negara berpenghasilan menengah. Kita tidak boleh terkena 'middle income trap', tapi kita harus berhasil menjadi negara maju, menjadi Indonesia yang maju," kata dia.

Oleh karena itu, ujar Kepala Negara, apa yang pemerintah lakukan kemarin dan saat ini bukanlah semata-mata untuk memecahkan masalah masa kini atau masalah satu-dua tahun ke depan.

"Tetapi, semua itu juga menjadi bagian dari lompatan kemajuan Indonesia untuk menjawab masalah-masalah kita di masa depan," ujar dia.

Jokowi mencontohkan, keberhasilan timnas sepak bola Indonesia U-16 menjuarai turnamen ASEAN Football Federation (AFF) pada 11 Agustus 2018.

"Tim yang masih berusia 16 tahun ke bawah ini adalah masa depan sepak bola Indonesia, mereka adalah masa depan Indonesia. Benih-benih harapan untuk kejayaan bangsa Indonesia dari hari ke hari semakin bersemai. Putra-putri Indonesia yang mengibarkan bendera Merah Putih di pentas dunia semakin banyak," kata dia.

Prestasi gemilang, menurut Jokowi, yang membanggakan diraih oleh putra-putri Indonesia dalam berbagai kompetisi tingkat dunia. Misalnya, dalam kompetisi bidang sains dan teknologi, lomba hafal Alquran, festival seni dan budaya, kejuaraan olahraga, serta kompetisi lainnya.

"Kita berhasil menggaet posisi terhormat. Prestasi yang diraih anak-anak bangsa tersebut harus didukung oleh ekosistem yang kondusif sehingga bisa lebih berkontribusi untuk Indonesia maju," tandas Jokowi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini