Sukses

Meriahnya Arakan Gazebo di Perayaan Panen Raya Desa Kemetul

Dengan semakin banyak gazebo, diharapkan makin banyak wisatawan yang berkunjung ke Desa Kemetul hingga dapat meningkatkan pendapatan.

Liputan6.com, Semarang - Desa Seribu Gazebo, begitulah julukan bagi Desa Kemetul, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Salah satu desa wisata di Kabupaten Semarang ini menghadirkan sensasi berwisata di gazebo tepi sawah dengan pemandangan hamparan sawah hijau.

Seperti ditayangkan Liputan6SCTV, Minggu (5/8/2018), setiap tahun, usai musim panen masyarakat desa menggelar upacara sedekah desa atau merti desa dalam tradisi jolenan.

Berbagai kreasi gazebo diarak dengan membawa serangkaian hasil bumi untuk disedekahkan sebagai wujud rasa syukur kepada tuhan yang telah memberikan hasil panen berlimpah dan keselamatan.

Cita-cita Desa Kemetul untuk mewujudkan seribu gazebo terus dirintis. Bertahap setiap tahun akan ditambah jumlah gazebo untuk wisata. Biaya pembuatan gazebo berkisar antara Rp 4 juta sampai Rp 6 juta.

Dengan semakin banyak gazebo, diharapkan makin banyak wisatawan yang berkunjung ke Desa Kemetul hingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat dari sektor wisata. (Ridho Insan Putra)