Sukses

Ini Penyebab Zohri Sulit Dapat Bendera Usai Jadi Juara Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri kesulitan mencari bendera Merah Putih usai menjadi pemenang nomor sprint 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia. Dalam tayangan video liputan perlombaan, terlihat Zohri sempat mencari-cari bendera Indonesia hingga ada seseorang memberikan bendera merah putih.

Duta besar RI untuk Finlandia, Wiwiek Setyawati Firman menjelaskan perihal kejadian itu. Menurut dia, pihak di luar petugas lapangan di Stadion Tampere, lokasi pertandingan, tidak dapat mendekati lintasan lari.

"Yang punya akses mendekat di garis finish itu hanya wartawan TV yang punya akses khusus pers," kata Wiwiek seperti dikutip dari Antaranews, Sabtu (14/7/2018).

Pada saat perlombaan ada banyak media Amerika Serikat yang meliput di garis finish. Mereka juga membawa bendera negaranya, karena atlet asal AS punya tradisi menang di nomor sprint 100 meter.

Sebaliknya, tidak ada satu pun media Indonesia yang meliput perlombaan. Alhasil, tidak ada wartawan Indonesia yang berada di garis finis dan membawa bendera merah putih.

Sesuai aturan, para pelatih juga duduk di area tribun. Mereka tak diperkenankan masuk ke area lari.

Menurut Wiwiek, itulah penyebab mengapa butuh waktu untuk memberikan bendera Indonesia pada Zohri.

"Pelatih-pelatih PB PASI sendiri juga menyatakan bahwa tidak ada pakem atau aturan untuk memberikan bendera di garis finish," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Artikel Selanjutnya
Hotman Paris Berikan Rp 100 Juta untuk Pelari Lalu Muhammad Zohri
Artikel Selanjutnya
Buah Manis Hidup Zohri, Anak Kampung Sang Juara Dunia