Sukses

Letjen Marciano Norman Resmi Pimpin BIN

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Letnan Jenderal TNI Marciano Norman sebagai Kepala Badan Intelijen Negara menggantikan Sutanto. "Saya menilai yang bersangkutan memiliki pengalaman yang cukup dan saya pandang cakap untuk menjabat sebagai Kepala BIN," kata Presiden di Istana Negara di Jakarta, Selasa (18/10) malam.

SBY berharap pengangkatan Kepala BIN yang baru itu dapat dikembangkan sistem intelijen yang cakap agar pengambilan keputusan dapat dilakukan secara tepat dan lebih baik, baik dalam bidang keamanan, militer, maupun ekonomi dan semua hal yang berpengaruh terhadap kehidupan di negeri ini.

Marciano, lulusan Akmil 1978 ini adalah putera dari mantan Pangdam Jaya Mayjen TNI (purn) Norman Sasono. Marciano mengawali karirnya di lingkungan TNI Angkatan Darat adalah sebagai Danton Yonkav 7 Kodam Jaya, Dan Kompi Serbu 73 Yonkav 7 Kodam Jaya, Danyon Kavaleri 7, Kodam Jaya.

Seusai menjabat Danyon Kav 7, Kodam Jaya, ia dipercaya di berbagai kesatuan yaitu Dandim 1633/Nainaro, Wasop Kaskargartap I/Jakarta, Waasop Kasdam Jaya, Asop Kasgartap I Jakarta, Asop Kasdam Jaya, Danrem 121/ABW Kodam Tanjungpura, dan Direktur Analisa Lingkungan Strategi Ditjen Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan. Selanjutnya Marciano diberi menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden. Terakhir, Marciano menjabat Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI AD.(ANT/JUM)