Sukses

Kemitraan Indonesia-Malaysia Jadi Perhatian Jokowi-Mahathir

Indonesia menjadi negara Asean pertama yang dikunjungi Mahathir setelah menjadi Perdana Menteri Malaysia ke-7.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Indonesia menjadi negara Asean pertama yang dikunjungi Mahathir setelah menjadi Perdana Menteri ke-7 Malaysia.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (30/6/2018), tiba di Istana Bogor, Mahathir Mohamad bersama istri langsung disambut Presiden Jokowi.

Sejumlah hal dibahas dalam pertemuan Indonesia dan Malaysia ini, termasuk soal kerja sama ekonomi di bidang perdagangan dan investasi.

Namun, yang menjadi pembahasan penting adalah kemitraan Indonesia-Malaysia dalam memperjuangkan akses pasar kelapa sawit. Khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan di Uni Eropa. 

Isu lain yang menjadi perhatian adalah perlindungan warga negara Indonesia yang bermukim di Malaysia.

"Persahabatan antara kita ini dapat ditingkatkan, karena ada banyak manfaat dalam semua bidang," ujar Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Sebelumnya, PM Malaysia Mahathir Mohamad mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis 28 Juni 2018 kemarin. Mahathir kembali memimpin Malaysia setelah koalisi oposisi Pakatan Harapan memenangkan Pemilu Malaysia.

Koalisi pilihan rakyat Malaysia ini mengusung Mahathir sebagai Perdana Menteri dan Wan Azizah yang merupakan istri Anwar Ibrahim sebagai Wakil Perdana Menteri. (Muhammad Gustirha Yunas)