Sukses

Berbaju Putih, Megawati Hadiri Haul dan Ziarah ke Makam Bung Karno

Megawati Soekarnoputri tiba di Kompleks Makam Bung Karno pada pukul 14.20 WIB.

Liputan6.com, Blitar - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menghadiri Haul ke-48 Bung Karno di Kompleks Makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Rabu (20/6/2018). Perayaan Haul Bung Karno ini merupakan tradisi yang setiap tahun diadakan.

Pantauan Liputan6.com, Presiden ke-5 Republik Indonesia itu tiba di Kompleks Makam Bung Karno pada pukul 14.20 WIB. Megawati yang mengenakan baju berwarna putih itu pun langsung ziarah ke makam ayahandanya.

Megawati turut didampingi Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Anggota Dewan Pengarah BPIP Mahfud MD, Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, dan cucu Bung Karno sekaligus Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno.

Petinggi DPP PDIP seperti Sekjen Hasto Kristiyanto dan Wasekjen Ahmad Basarah juga tampak hadir.

Selain itu, sejumlah pejabat negara juga turut menghadiri Haul Bung Karno. Mereka adalah Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, dan anggota DPR RI Nusyirwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tradisi yang Hidup di Masyarakat

Hasto Kristiyanto mengatakan perayaan haul Bung Karno ini adalah tradisi lama yang sudah hidup di masyarakat. Menurut dia, seluruh dokumen sejarah perjuangan bangsa, kelompok nasionalis dan relijius selalu berjalan bersama.

Bahkan, NU merupakan salah satu titik kekuatan penopang NKRI yang berpancasila.

"Di situlah titik ‎temunya dengan Sukarnois untuk membangun persahabatan dan gotong royong untuk bangsa dan negara. Maka ini kami rayakan bersama-sama," ujar Hasto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.