Sukses

Mereka yang Tak Libur Kala Lebaran

Inilah orang-orang yang tidak pernah mudik selama bertahun-tahun karena harus menunaikan tugas.

Liputan6.com, Jakarta - Libur Lebaran merupakan momentum untuk berkumpul, bersilaturahmi, bersama keluarga di kampung halaman masing-masing. Namun, tak sedikit orang yang tidak dapat mudik karena tuntutan profesi.

Dihimpun Liputan6.com, inilah orang-orang yang tidak pernah mudik selama bertahun-tahun karena harus menunaikan tugasnya:

1. Polisi

Ajun Komisaris Firdaus, Kanit Krimsus Polresta Depok. Satu dari sekian banyak polisi yang bertugas saat hari libur lebaran. Firdaus menganggap sebagai sesuatu hal yang biasa.

"Sudah terbiasa menikmati liburan dalam suasana kerja," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (18/6/2018).

Sejak bertugas di Depok, Jawa Barat, lanjut Firdaus, merayakan lebaran di kampung halaman pun bisa dihitung dengan jari.

"Sudah biasa back up teman yang izin lebaran di kampung. Dari 18 tahun dinas baru lima kali salat Id di kampung sendiri," ucap pria yang tinggal di Tangerang itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Petugas Dishub

Demikian pula, Supri Hartono selaku Kepala Terminal Lebak Bulus. Supri menjelaskan, hidup adalah pilihan. Begitu juga profesi.

"Ketika sudah bekerja, kita harus siap menerima segala risikonya. Termasuk tidak lebaran di kampung," ungkap dia.

Supri menjelaskan, sudah 26 tahun mengabdi di sebagai petugas Dinas Perhubungan di DKI Jakarta. Selama itupun belum pernah berlebaran bersama keluarga di Purworejo.

"1992-2005 dari Suku Dinas Lerhubungan Jakarta Selatan. 2005-2013 di Terminal Blok M, 2013-2014 Lebak Bulus, 2015-2016 di Termin Kampung Rambutan, 2016-2017 Terminal Kali Deres. Dan, 2017 sampai sekarang balik ke Terminal Lebak Bulus. Enggak pernah lebaran di Kampung," papar dia.

3. Wartawan

Angga Pahlevi, Wartawan Harian di sebuah media cetak Nasional yang dua tahun ini hanya berada di Jakarta. Bukan di Padang, yang merupakan kampung halamannya. Lagi-lagi alasannya karena tuntutan profesi.

"Hari ini gak pulang lagi ke kampung. Pertama karena gak punya ongkos. Kedua, enggak dapat libur," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

4. Petugas Kebersihan

Suhadi, (52). Salah satu petugas penanganan prasarana dan sarana umum ( PPSU). Sejak hari lebaran pertama sampai sekarang belum merasakan libur. Dia tetap sibuk menyapu jalanan. Wilayahnya dari Taman Mataram hingga Bundaran Senayan.

"Sudah dua tahun kerja terus gak pulang di waktu lebaran. Jam kerjanya pukul 5 pagi hingga 14.00 WIB," ujar dia.

Yang menyedihkan, Suhadi bukan hanya tidak pulang kampung ke Solo, Jawa Tengah. Ia pun sudah berapa kali tidak melaksakan sholat Ied.

"Tidak sholat karena kan kalau sholat harus bersih-bersih dulu. Gak boleh kalau bau kaya gini," tukas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini