Sukses

Wilayah Jabar Dominasi Tujuan Pemudik di Terminal Kampung Rambutan

Kota paling banyak dituju di Jawa Barat adalah Tasik, Garut, Singaparna, Cianjur dan Sukabumi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August Dwinanto mengatakan wilayah Jawa Barat masih mendominasi sebagai jurusan terbanyak yang dituju para pemuduk. Adapun jumlah total penumpang selama empat hari mudik sebanyak 24.869 orang

Jawa Barat paling banyak, karena di sini melayani Jawa Barat," kata Emiral ketika ditemui merdeka.com, Senin, 11 Mei 2018.

Adapun dari H-8 sampai H-5 yang jatuh pada Minggu (10/6), jumlahnya terus meningkat. H-8 atau pada Kamis (7/6), penumpang yang berangkat ke Jawa Barat sebanyak 3.212, hari berikutnya menjadi 4,982, bertambah lagi menjadi 7.944.

Pada H-5 atau puncak mudik ini terlampau angka 8.731. Sementara itu kota paling banyak dituju di Jawa Barat adalah Tasik, Garut, Singaparna, Cianjur dan Sukabumi.

Adapun Provinsi kedua terbanyak adalah Jawa Tengah dengan total penumpang mencapai 17.151, dan pada puncak mudik mencapai 5.856.

Berikutnya paling banyak merupakan tujuan Sumatera dengan angka 1.225, dengan puncaknya di angka 470 pada H-5. Paling sedikit bus tujuan Jawa Timur dengan angka 660, dan H-5 cenderung menurun di angka 145.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paling Nyaman

Sementara itu, salah seorang penumpang yang akan menuju Pangandaran, Jawa Barat mengatakan bus merupakan moda transportasi yang bisa menggapai daerahnya.

Karena itu, dia tidak memilih kereta api atau pesawat terbang.

"Nunggu malam dikit agar ke sananya pagi. Karena cuma bus saja yang ada," ucap Siti yang berumur 30 tahun itu.

Reporter: Ahda Bayhaqi

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.