Sukses

Jokowi Minta Tokoh Agama Tak Mudah Terpancing Kasus Teror

Kepada para ulama, Jokowi meminta agar memberikan pemahaman yang benar kepada umatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menerima tokoh lintas agama pada Rabu (16/5/2018) di Istana Merdeka, Jakarta. Pertemuan dilakukan selama kurang lebih satu jam.

Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasarudin Umar, yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, Jokowi meminta kepada tokoh agama agar memberikan pemahaman benar kepada umatnya.

"Beliau (Jokowi) meminta supaya mari kita memberikan wawasan yang lebih luas kepada umatnya masing-masing," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/5/2018). 

Menurut Umar, Jokowi meyakini pemahaman agama yang luas akan berdampak baik pada perilaku seseorang. Semakin dalam ilmu agamanya, semakin arif dan bijaksana sikapnya.

Jokowi, kata Nasaruddin, juga meminta tokoh agama tidak mudah terpancing kejadian beberapa hari terakhir. Misalnya, aksi bom bunuh diri yang dilakukan terduga teroris di tiga Gereja di Surabaya. Tokoh agama harus bisa membentengi dirinya dengan kearifan dan kebijaksanaan.

"Kalau kita larut dengan pancingan-pancingan seperti ini, itu artinya kan kita ikut jadi orang tidak matang. Jangan kita terpengaruh dengan pancingan. Kalau orang gampang terpancing itu pertanda belum matang spiritualnya," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rawat Keberagaman

Selain itu, Jokowi juga meminta kepada tokoh agama untuk merawat keragaman yang ada. Jokowi menginginkan perbedaan tetap dijaga demi keutuhan bangsa.

"Jangan sampai kita menodai sejarah bangsa dengan cara melakukan hal-hal yang tidak terpuji," kata dia.

Reporter: Titin Supriyatin 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.