Sukses

Kapolri: Penyerang Mapolresta Surabaya Satu Jaringan dengan Bom Gereja

Dua aksi teror bom di Surabaya terkait jaringan Jamaah Ansharut Daulah yang berafiliasi ke ISIS.

Liputan6.com, Jakarta - Polri mengidentifikasi pelaku penyerangan Mapolresta Surabaya merupakan satu jaringan dengan pelaku pengeboman tiga gereja. Menurut Kapolri Jenderal Tito Karnavian, mereka merupakan bagian dari Jamaah Ansharut Daulah sel Surabaya.

"Bagian dari kelompok yang sama dengan kelompok Dita (otak pemboman gereja)," kata Tito, di Mapolda Jawa Timur, Senin (14/5/2018).

Ia mengungkapkan, Dita, yang tewas melakukan bom bunuh diri di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya, adalah ketua JAD Surabaya. JAD memiliki afiliasi dengan ISIS.

Tito juga menjelaskan alasan para pelaku beraksi di Surabaya.

"Karena mereka menguasai daerah sini," ungkap Tito.

Para pelaku melakukan serangan karena beberapa faktor. Pertama, mereka mendapat arahan dari pimpinan ISIS untuk melakukan serangan.

Di sisi lain, kata Tito, serangan bom merupakan balasan terhadap penangkapan sejumlah pimpinan JAD oleh Polri. Karena itu, mereka melakukan serangan bom ke gereja dan Mapolresta Surabaya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.