Sukses

Kemnaker Gelar Cek Kesehatan Gratis untuk Pekerja

Liputan6.com, Bogor Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan menggelar sejumlah acara yang melibatkan pekerja/buruh menjelang perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh setiap 1 Mei. Salah satunya, acara Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi pekerja/buruh yang dilaksanakan di area Car Free Day GOR Pakansari Cibinong, Bogor, Minggu (15/4/2018).

“Kegiatan ini bertujuan agar pekerja dan kita semua sadar akan pentingnya kesehatan, dan juga untuk meningkatkan mutu kesehatan pekerja Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang, dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, May Day tidak selalu dirayakan dengan turun ke jalan dan demonstrasi, tetapi bisa diisi dengan berbagai kegiatan positif dengan semangat sportivitas, kreativitas, dan produktivitas tinggi.

“Rangkaian kegiatan ini merupakan inisiatif Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, menjaga kesehatan itu penting bagi kita semua,” ucapnya.

Diharapkan dengan kegiatan ini, para pekerja Indonesia dapat rutin melakukan pemeriksaan, sehingga kondisi kesehatannya akan terpantau. Dengan kesehatan yang terjaga, produktivitas akan semakin meningkat dan kualitas hidup kian optimal. 

“Pada tahun ini peringatan May Day dirayakan dengan tagline ‘May Day is a Fun Day’, dengan maksud agar peringatan hari buruh internasional dijadikan sebagai hari yang menyenangkan,” kata Haiyani.

Adapun pemeriksaan kesehatan gratis kali ini terdiri dari pemeriksaan EKG--pemeriksaan kesehatan terhadap aktivitas elektrik jantung, SGPT--pengecekan fungsi hati, gula darah, kolesterol, asam urat, dan konsultasi dokter umum. Setiap peserta dapat memilih tiga jenis pemeriksaan.

Pelaksanaan acara tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dalam rangka memeriahkan perayaan hari buruh internasional tahun 2018, sekaligus mengisi waktu libur 1 Mei dengan kegiatan yang positif dan sehat. Sejalan dengan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2013 tentang penetapan tanggal 1 Mei sebagai hari libur dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional.

Selain pemeriksaan kesehatan gratis bagi pekerja/buruh, Kemnaker akan melakukan berbagai rangkaian kegiatan lainnya, seperti buruh mengaji, sepeda santai pekerja/buruh, khitanan massal bagi anak pekerja/buruh, dan kompetisi band pekerja/buruh. 

Selain itu, ada juga kegiatan Liga Pekerja Indonesia, lomba senam Maumere pekerja/buruh, dan jalan santai pekerja/buruh. Puncak dari seluruh kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Jakarta pada 1 Mei 2018.

 

 

(*)

Artikel Selanjutnya
Kemnaker Melakukan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama dengan Universitas Diponegoro
Artikel Selanjutnya
Top 3: Libur Lebaran Ditambah Tidak Potong Cuti Tahunan PNS, Bagaimana Swasta?