Sukses

Hewan Rusa di NTB Terancam Punah

Jumlah rusa yang ada di Taman Nasional Gunung Rinjani semakin sedikit, bahkan terancam punah. Jumlah rusa di wilayah ini diperkirakan tinggal ratusan ekor.

Liputan6.com, Mataram: Populasi hewan rusa di Nusatenggara Barat, terancam punah. Sebab, hutan tempat hewan itu berkembang biak semakin rusak. Selain itu, perburuan hewan bertanduk cabang ini pun semakin hebat. Demikian diutarakan Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB, Tedi Sutedi, baru-baru ini.

Kini populasi rusa di NTB terus menurun. Berdasarkan catatan pihak konservasi sumber daya alam NTB, jumlah rusa di wilayah ini diperkirakan tinggal ratusan ekor. Tapi, sejak berlangsung perburuan tradisional dan perambahan hutan secara besar-besaran, jumlah rusa di Taman Nasional Gunung Rinjani terus menurun jumlahnya.

Tedi mengatakan, buat mengatasi masalah ini, pihaknya kini mencoba mengembangkan pola pengawasan hutan secara bersama-sama dengan warga. Caranya dengan memberi bantuan hewan peliharaan kepada warga sekitar Gunung Rinjani. Sebenarnya selain rusa, Taman Nasional Gunung Rinjani memiliki potensi yang beraneka ragam. Satu di antaranya adalah potensi pariwisata tracking.(ICH/Adhar Hakim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini