Sukses

Topeng dari Koran Bekas Karya Anak Bangsa yang Go International

Untuk satu buah topeng karyanya, dijual dengan kisaran harga Rp 75 ribu - Rp 100 ribu, tergantung tingkat kesulitan pembuatan topeng.

Fokus, Denpasar - Koran bekas biasanya hanya menjadi sampah. Namun, di tangan seorang warga Denpasar, Bali, koran bekas mampu menembus pasar internasional, seperti Jepang, Australia, dan Malaysia. Yaitu dengan dibuat topeng karakter superhero dan tokoh-tokoh lainnya.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin (9/4/2018), topeng-topeng itu dibuat oleh Bagus Oka. Awalnya bahan dasar koran dibuat menjadi bubur kertas.

 

Setelah dicampur menggunakan lem kayu, bubur kertas dibentuk dan dicetak di atas helm yang sudah tidak terpakai. Setelah dibentuk menjadi wajah karakter tokoh kartun dan superhero, Bagus Oka menggunakan cat air sebagai sentuhan akhir pengerjaannya.

Dalam satu hari, pemuda Bali ini mampu memproduksi 10 buah topeng dengan dibantu karyawannya. Kini, topeng hasil karyanya memiliki banyak peminat. Tak hanya dari warga lokal, namun juga dari luar negeri.

Untuk satu buah topeng karya Bagus Oka, dijual dengan kisaran harga Rp 75 ribu - Rp 100 ribu, tergantung tingkat kesulitan pembuatan topeng. Dalam satu bulan, Bagus Oka mampu meraup keuntungan hingga Rp 10 juta.