Sukses

Polri Optimistis Kemacetan di Brexit Turun pada Arus Mudik Lebaran 2018

Kakorlantas Polri mengatakan, penumpukan volume kendaraan di pintu keluar Tol Brebes akan terurai dengan adanya tol baru Batang-Semarang.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa meninjau jalur Tol Trans Jawa untuk persiapan arus mudik Lebaran 2018. Dia optimistis kemacetan parah di Brebes Exit atau Brexit yang terjadi setiap mudik Lebaran dapat berkurang pada tahun ini.

Royke mengatakan, penumpukan volume kendaraan di pintu keluar Tol Brebes akan terurai dengan adanya tol baru Batang-Semarang. Tol sepanjang 74 kilometer itu diprediksi dapat digunakan secara fungsional pada musim mudik Lebaran 2018.

"Saya pikir Brexit berkurang (kemacetannya) karena tolnya sudah panjang. Sudah sampai Krapyak atau Manyaran Semarang. Sehingga dia mengalir sampai ke Semarang," ujar Royke saat meninjau pembangunan Tol Semarang-Batang, Kamis (5/4/2018).

Menurut dia, sejauh ini, pembangunan tol itu lancar. Hanya saja memang, masih ada beberapa titik yang krusial karena ada masjid dan pemakaman yang belum dipindahkan.

"Kuburan sudah dibayarkan, cuma mereka masih menunggu hari baik untuk relokasi. Begitu juga masjid, sudah dibuatkan di area lain, tunggu selesai baru dibongkar yang lama," kata dia.

Bukan hanya itu, berdasarkan pantauan Liputan6.com, masih ada beberapa titik jalur Tol Semarang-Batang yang belum dibeton. Beberapa spot tersebut masih berupa tanah yang tengah diratakan dan dipadatkan.

"Kami optimistis pada mudik Lebaran ini dapat digunakan. Targetnya H-10 diupayakan semaksimal mungkin sudah selesai, tanggal 4-6 Juni," ucap Royke.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

60 Hari

Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto mengatakan, pihaknya berusaha menyelesaikan minimal satu jalur sebelum Lebaran. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait impor beberapa material dari Eropa.

PT JSB, lanjut Arie, memiliki waktu sekitar 60 hari agar tol Semarang-Batang bisa dilalui pemudik meski masih fungsional. Dengan waktu pengerjaan rata-rata 10 hingga 15 jam per hari, dia optimistis tol baru itu mampu mengurangi kemacetan di Brexit.

"Prioritas satu jalur dulu. Satu jalur udah sempurnalah untuk tol, tapi masih fungsional untuk warga gunakan gratis. Mudah-mudahan bisa tercapai apa yang ditargetkan," ucap Arie.

 

3 dari 3 halaman

Dari Surabaya

Irjen Royke Lumowa dan tim Korlantas Polri meninjau jalur Tol Trans Jawa untuk arus mudik Lebaran 2018. Peninjauan dimulai dari Surabaya dan masuk ke Tol Jombang-Mojokerto pada Rabu, 4 April 2018 kemarin.

Royke bahkan mencoba beberapa tol baru tersebut dengan mengendarai motor gede. Pengecekan jalur mudik ini dilanjutkan ke wilayah Jawa Tengah dan akan berakhir hingga ke Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.