Sukses

7 Fakta Inspiratif Sosok Pendiri Matahari Hari Darmawan

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Matahari Department Store Hari Darmawan ditemukan meninggal dunia di Sungai Ciliwung, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut polisi, tak ada tanda-tanda kekerasan fisik yang terdapat dalam tubuh Hari Darmawan. Hal itu diketahui setelah kepolisian menggelar olah tempat kejadian perkara.

"Cuma luka sobek di kening diduga terbentur batu saat terbawa arus," kata Kapolsek Cisarua Kompol Ijang Yusuf Taojiri di rumah duka Sinar Kasih, Bondongan, Kota Bogor, Sabtu (10/3/2018).

Jasad Hari Darmawan, diterbangkan ke Denpasar, Bali. Pesawat yang membawa jenazah Hari tiba pukul 01.30 Wita dan langsung dibawa ke Rumah Duka Kertha Semadi, Jalan Cargo Permai, Denpasar. Jenazah selajutnya menjalani prosesi kremasi.

Kepergian Hari Darmawan tak hanya meninggalkan duka bagi keluarga, namun juga dirasakan karyawannya. Banyak kenangan dan sikap baik yang dikenang dari sosok Hari Darmawan selama berinteraksi dengan sesama. Hal itu disampaikan rekan maupun para karyawannya.

Berikut ini 7 fakta sosok pendiri Matahari, Hari Darmawan yang dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 8 halaman

1. Energik

Kesedihan dirasakan Kadek Suardana atas kepergian Hari Darmawan. Kadek merupakan Store Manager Duta Plaza Bali.

Ia yang bekerja sejak 1996 itu sangat kehilangan atas meninggalnya Hari Darmawan. Ia tak menyangka atasannya yang terkenal energik itu pergi untuk selamanya. Di mata Kadek, mendiang merupakan pribadi yang mengayomi karyawan.

 

3 dari 8 halaman

2. Suka Memotivasi

Selain itu, di mata Kadek, Hari Darmawan merupakan sosok yang familiar. Dia selalu memotivasi karyawannya karena mereka dianggap menjadi bagian dari keluarga.

"Beliau terus memotivasi kami, karyawan, bahwa kami ini adalah bagian dari keluarga besar perusahaan," kata Kadek saat ditemui di Rumah Duka Kertha Semadi Blok VIP di Japan Cargo Permai, Ubung Kaja, Denpasar.

 

4 dari 8 halaman

3. Sosok Inspiratif

Kata-kata motivasi yang disampaikan Hari Darmawan terus diingat oleh Kadek. Ia pun mengingatkan kembali ucapan Hari Darmawan kepada karyawan lainnya. Dengan begitu, karyawan memiliki tanggung jawab untuk maju bersama.

"Beliau betul-betul menginspirasi. Tidak pernah membedakan antara bawahan dan atasan. Beliau pribadi yang bersahaja, sederhana dan memberikan motivasi," kata Kadek.

 

5 dari 8 halaman

4. Tak Canggung Sapa Karyawan

Yang paling membuat ia berkesan, meski menyandang predikat pengusaha sukses, namun Hari Darmawan tak canggung untuk datang ke toko kecil dan memotivasi karyawannya.

"Kalau bertemu dengan beliau, pasti beliau yang menyapa duluan. Saya pernah bertemu di Bandara Ngurah Rai. Tidak ada pengawal dan protokoler dan beliau yang melihat saya justu meyapa duluan," tuturnya.

"Untuk seorang bos besar beliau di mata kami bukan orang yang sombong. Sangat menginspirasi dan mengayomi," ucap Kadek.

 

6 dari 8 halaman

5. Pelatih

Kepada bawahannya, Hari Darmawan dinilai sebagai penyuluh yang baik. Dia selalu mengingatkan agar karyawannya tidak lupa kepada dua hal.

"Di mata karyawan Pak Hari sebagai sosok pelatih, yang selalu mengingatkan untuk tidak lupa kepada masyarakat dan karyawan," kata Senior Marketing dan Kreatif Manajer TWM Ilham Fadjriansyah di Bogor, Jawa Barat, Sabtu 10 Maret 2018.

Meski sudah tidak memiliki Matahari Departemen Store, Hari Darmawan disebutkan masih sibuk mengurus dan memantau beberapa bisnisnya dari Bogor.

 

7 dari 8 halaman

6. Entrepreneur yang Baik

Sejumlah kerabat hingga kolega melayat jenazah pendiri Matahari Department Store, Hari Darmawan, di rumah duka Yayasan Sinar Kasih, Kota Bogor, Sabtu 10 Maret 2018. Tak terkecuali bos Lippo Group, James Riady.

Menurut James, pendiri Matahari Group dan Taman Wisata Matahari (TWM) Bogor ini dikenal sebagai sosok entrepreneur yang baik.

Banyak yang sudah dilakukan almarhum selama masa hidupnya, khususnya membangun Matahari Department Store yang dapat menciptakan banyak lapangan kerja.

"Pak Hari sosok pejuang. Entrepreneur sejati bisa menciptakan lapangan kerja yang luas," tutur Chief Executive Officer Lippo Group James Riady.

 

8 dari 8 halaman

7. Ramah dan Selalu Menolong

James juga mengungkapkan, Hari Darmawan sangat dekat dengan seluruh karyawan Matahari. Ia juga dikenal sangat baik kepada masyarakat luas.

Tak hanya itu, Hari juga sosok pengusaha yang baik, ramah, dan selalu ingin menolong orang. Sebab itu, sebagai induk perusahaan, Lippo Group merasa sangat kehilangan Hari.

"Kami hanya bisa mendoakan, Tuhan memberkati dan menyertai juga menghibur keluarga (Hari Darmawan) yang ditinggalkan," tambah pendiri kota satelit Meikarta ini.