Sukses

Begini Cara Belajar Untuk Hadapi Ujian Nasional dan Mendapatkan Uang Tunai

Liputan6.com, Jakarta Jika mendengar kata 'belajar' rasanya tak semua para siswa semangat melakukannya ya. Padahal hitungan minggu, sebentar lagi para siswa sekolah di seluruh Indonesia akan menghadapi ujian nasional.

Tentu saja setiap sekolah mulai mempersiapkan kegiatan ekstrakurikuler, seperti diadakannya pendalaman materi dari mata pelajaran yang akan diuji sejak beberapa bulan sebelumnya guna lancar dalam menghadapi ujian nasional.

Namun, terkadang kegiatan tersebut tak selalu berjalan lancar. Ada saja tantangan yang harus dihadapi oleh para tenaga pengajar,  kebanyakan adalah bagaimana meningkatkan minat belajar para murid.

Ternyata, tak hanya pelajar SMU, namun saat ini para pelajar SMP pun mengalami kesulitan serupa.

Bukan pahlawan tanpa tanda jasa atau guru namanya jika menyerah dan tak melakukan usaha untuk anak didiknya.

Seperti yang dilakukan salah satu guru di SMP Pembangunan, Jakarta Timur, tak sengaja menemukan cara inovatif dalam memacu rasa semangat belajar anak didiknya. Soraya Hanum Trisdianto, guru yang berhasil menggunakan kuis yang berasal dari ponsel para muridnya untuk mendalami materi mata pelajaran.

“Awalnya tak sengaja melihat notifikasi Kuis Kaget Uang Kaget dari UC Browser, lalu iseng saya ikutan. Setelah saya cek, saya merasa pertanyaan di kuis ini mirip dengan soal ujian. Kemudian saya punya ide, untuk menerapkan kuis ini sebagai latihan pendalaman materi untuk murid-murid saya” ujar Soraya yang kerap disapa Miss Aya di sela waktu mengajar di SMP Pembangunan, Jakarta Timur.

Cara ibu guru Soraya yang kreatif dalam mengajar anak-anak muridnya pun ikut menginspirasi Andhika Pratama. Aktor ini merasa salut dengan sang ibu guru.

“Saya sangat peduli dengan pendidikan anak saya, dan akan ada waktunya bagi saya untuk berperan di bidang ini untuk ruang lingkup yang lebih luas suatu saat nanti. Salut buat Ibu Soraya.. dan semoga semakin banyak guru kreatif seperti beliau di luar sana,” ujar Andhika.

Baginya, metode yang diterapkan Ibu Soraya merupakan cara kreatif dalam mengajar. Andhika sebagai orangtua memang enggan melakukan paksaan belajar pada anak-anaknya untuk menghapal atau mendalami pelajaran dengan cara yang tak mereka suka.

“Sekarang guru juga harus kreatif dan paham karakteristik anak remaja zaman now, karena seharusnya fokus utama adalah membangkitkan minat belajarnya dulu, baru setelah itu ke pendalaman materi,” tutup Andhika.

Sebagai informasi, Kuis Kaget, Uang Kaget adalah kuis yang digagas bersama oleh aplikasi browsing UC Browser dan aplikasi live streaming BIGO Live. Kuis tersebut hadir setiap hari dengan berisi 12 pertanyaan seputar pengetahuan umum dan juga matematika dasar. Hadiah yang diberikan pun tak tanggung-tanggung, yakni uang tunai sampai dengan 40 juta rupiah tiap harinya.

Kepala Sekolah SMP Pembangunan, Drs. Eko Amrih Widodo, berpendapat bahwa metode unik ini cukup berhasil meningkatkan minat belajar para murid, berpatokan dari antusiasme yang terlihat saat pendalaman materi dari hari ke hari.

Dengan adanya kreatifitas dari para tenaga pengajar, diharapkan kegiatan belajar-mengajar di sekolah kini tak lagi membosankan dan malah menjadi suatu hal yang siswa-siswi gemari. Melakukan pendekatan dengan cara yang inovatif dan tak melulu konservatif akan menjadi kunci keberhasilan kegiatan belajar-mengajar yang kondusif tak hanya di sekolah, namun juga di seluruh lembaga pendidikan.

Gimana kamu masih malas belajar? Ayo belajar dengan semangat melalui aplikasi browsing UC Browser dan aplikasi live streaming BIGO Live sekarang juga bukan hanya pintar dan kelulusan yang bisa kamu dapat, lho, tapi juga uang tunai, asik kan?

 

 

(Adv)

Loading