Sukses

Sambut Imlek, Wali Kota Sidney Clover Moore Bagikan Angpau ke Warga

Tahun Anjing ini merupakan tahun ke-22 Tahun Baru Cina dan dirayakan di Australia yang merupakan perayaan Tahun Baru Cina terbesar di luar kawasan Asia.

Liputan6 SCTV, Jakarta - Ribuan orang di Beijing, Cina, memadati Kuil Lama berdoa memohon keberuntungan. Di Taipei, Taiwan, Kuil Longshan dipadati warga yang datang berdoa memohon kesehatan kedamaian di tahun baru yang menurut kalender Cina merupakan tahun anjing.

Hari pertama tahun baru adalah hari yang sangat penting dan menurut tradisi nyaris tak akan dilewatkan untuk berdoa. Berita ini mengawali Jendela Dunia dalam Liputan6 Malam SCTV, Sabtu (17/2/2018).

Tepat Kamis tengah malam atau Jumat subuh para biksu di Kuil Dong Zen di Selangor membunyikan lonceng pertanda dimulainya tahun anjing. Ribuan warga Malaysia juga datang ke kuil ini menyambut Tahun Baru Cina dengan doa dan pujian. Tak cuma warga yang merayakan, para wisatawan pun turut bergembira menikmati semarak tahun baru di Kuil Dong Zen di Selangor.

Sementara itu, di China Town, Sydney juga semarak merayakan Tahun Baru Cina. Tari barongsai memeriahkan suasana saat Wali Kota Sydney, Clover Moore, membagikan angpau kepada warga yang mengantre di pintu masuk Chinatown.

Tahun Anjing ini merupakan tahun ke-22 Tahun Baru Cina dirayakan di Australia yang merupakan perayaan Tahun Baru Cina terbesar di luar kawasan Asia.

Tim Olimpiade musim dingin Korea Selatan tak mau ketinggalan merayakan Tahun Baru Cina di Korea House, Olimpyc Park di Gangneung. Selain menampilkan tarian rakyat, para atlet dan ofisial menggelar tradisi penghormatan para leluhur. Lantas tim ramai-ramai menikmati Tteokguk, makanan khas Korea yang biasa dimakan saat hari libur nasional.