Sukses

Ada Kereta Bandara, PT KCI Berlakukan Jadwal Baru Awal Januari

PT KCI akan membuat penyesuaian jadwal KRL jika KA bandara sudah beroperasi penuh yakni 82 perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring rencana pengoperasian Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta relasi Stasiun Sudirman Baru–Bandara Soekarno Hatta, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyatakan tidak melakukan perubahan jadwal untuk perjalanan KRL lintas Duri-Tangerang dan sebaliknya.

Penyesuaian atau perubahan jadwal belum dilakukan lantaran operasional tahap awal KA bandara saat ini baru melayani 42 perjalanan per hari.

"Penyesuaian jadwal akan berlaku setelah PT Railink sebagai operator KA bandara, mengoperasikan secara penuh jadwal perjalanan, yaitu 82 perjalanan pada awal Januari nanti," kata Vice President Komunikasi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/12/2017).

Nantinya, lanjut Eva, jika KA bandara sudah beroperasi penuh yakni 82 perjalanan, maka PT KCI akan membuat penyesuaian jadwal KRL.

Penyesuaian jadwal ini seiring dengan perubahan jumlah perjalanan KA Lintas Tangerang–Duri, dari 90 perjalanan menjadi 73 perjalanan.

Untuk jadwal keberangkatan kereta pertama dari Stasiun Tangerang menuju Duri yakni pukul 04.55 WIB. Sedangkan kereta pertama dari Stasiun Duri menuju Tangerang pukul 05.45 WIB.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek Jadwal KRL Baru di Sini

Sementara jadwal kereta terakhir dari Stasiun Tangerang menuju Duri pukul 22.30 WIB, dan KA terakhir dari Stasiun Duri menuju Tangerang pukul 23.45 WIB.

"Jika KA bandara sudah beroperasi 82 perjalanan dan penyesuaian jadwal dilakukan, maka untuk informasi jadwal terbaru perjalanan KRL Lintas Tangerang–Duri bisa dilihat pengguna kereta di situs kami, www.krl.co.id," jelas Direktur Utama PT KCI Muhammad Nurul Fadhila.

Selain di situs KRL, jadwal juga bisa dilihat di papan pengumuman stasiun atau melalui petugas yang membagikan flyer jadwal KRL terbaru di stasiun lintas Tangerang–Duri.

Untuk informasi, mulai Kamis sore (28/12/2017), pelayanan KRL di Stasiun Duri sudah dialihkan ke bangunan Stasiun Baru. Pelayanan ini termasuk loket, gate in dan gate out, hingga toilet dan musala.

PT KCI mengimbau para pengguna jasa KRL Commuter Line, untuk dapat menyesuaikan kembali jadwal perjalanannya dengan jadwal baru Januari nanti, terutama saat jam-jam sibuk pada pagi dan sore hari.

 

3 dari 4 halaman

Penambahan Formasi Rangkaian Kereta

PT KCI saat ini mengoperasikan 926 perjalanan KRL per hari, dengan melayani 950 ribu hingga satu juta pengguna setiap hari.

Untuk memaksimalkan kapasitas angkut dengan frekuensi perjalanan tersebut, PT KCI semakin banyak mengoperasikan KRL dengan formasi 10 dan 12 kereta termasuk di lintas Tangerang – Duri dan sebaliknya.

Sebelumnya mulai 6 Desember 2017, telah beroperasi dua rangkaian KRL dengan formasi sepuluh kereta di lintas Tangerang–Duri dan sebaliknya.

"Perubahan ini merupakan upaya peningkatan pelayanan, sekaligus menjaga kapasitas angkut KRL di lintas Tangerang–Duri (PP) di tengah penyesuaian jadwal yang ada," jelas Fadhila.

Penambahan formasi rangkaian kereta ini merupakan tahap awal seiring pekerjaan perpanjangan peron di seluruh stasiun lintas Tangerang-Duri (PP), yang juga masih berlangsung.

Perpanjangan peron dilakukan untuk mendukung program pengoperasian rangkaian KRL dengan formasi 12 kereta.

Untuk saat ini peron di stasiun Grogol, Taman kota, Bojong Indah, Kalideres, Batu Ceper, Tanah Tinggi, dan Stasiun Tangerang telah dapat melayani KRL dengan formasi rangkaian 10 Kereta.

 

4 dari 4 halaman

Daftar Stasiun

Berikut adalah daftar stasiun yang perlu diperhatikan pengguna ketika berada dalam KRL formasi 10 kereta di lintas Tangerang–Duri (PP):

Stasiun Pesing Arah Tangerang: 2 kereta belakang belum mendapat peron Arah Duri: 2 kereta belakang belum mendapat peron.

Stasiun Rawa Buaya Arah Tangerang: 2 kereta belakang belum mendapat peron Arah Duri: 2 kereta belakang belum mendapat peron.

Stasiun Poris Arah Tangerang: 2 kereta belakang belum mendapat peron Arah Duri: 2 kereta belakang belum mendapat peron.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.