Sukses

Kala Jokowi Kepincut Masakan Rumah Makan Raffles Puncak Bogor

Tak hanya lauk pauk, Jokowi pun memesan makanan pembuka, yaitu cakwe.

Liputan6.com, Bogor - Liburan panjang identik dengan berwisata ke luar kota atau menghabiskan waktu bersama keluarga.

Wisata alam, petualangan sampai kuliner menjadi pilihan wajib. Tak mau ketinggalan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun berburu kuliner di rumah makan di wilayah yang dijuluki Kota Hujan ini.

Beberapa restoran mulai dari masakan padang, seafood, masakan jawa sampai masakan sunda kerap menjadi langganan orang nomor satu tersebut. Jika berada di kawasan Puncak, Jokowi tidak segan-segan masuk ke Rumah Makan Raffles dan memesan masakan sunda.

Seperti Minggu 24 Desember 2017 siang, usai berlibur ke Taman Safari Indonesia, Jokowi mengajak istrinya, Iriana Joko Widodo serta anaknya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, serta cucunya makan siang di rumah makan yang terletak di Cibogo, Kecamatan Megamendung ini.

Di sebuah bangunan joglo, Jokowi langsung memesan menu favoritnya yakni gurame goreng, jambal cabe ijo, jambal asin, karedok, mie saus tiram, sayur asem, dan petai bakar.

"Bapak (Jokowi) yang pesen langsung," kata Shiera Raffles personalia RM Raffles kepada Liputan6.com.

Tak hanya lauk pauk, Jokowi pun memesan makanan pembuka, yaitu cakwe. Bahkan ketika berada di meja, orang nomor satu di Indonesia ini langsung menyantap cakwe berukuran jumbo itu.

"Beliau juga pesan cakwe. Bapak (Jokowi) suka cakwe. Waktu disuguhkan hidangan pertama, cakwe yang diambilnya lebih dulu," kata Shiera Raffles personalia RM Raffles, Minggu (24/12/2017).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lebih Lahap

Menurut Shiera, mantan Wali Kota Solo ini baru tiga kali datang ke rumah makan yang berdiri 27 tahun silam itu. Kedatangan pertama, saat menjabat Gubernur DKI Jakarta. Kedua, ketika usai meninjau proyek waduk Ciawi pada 15 Desember 2017.

Namun kedatangannya kali ini Jokowi terlihat menyantap makanan dengan lahap, tidak seperti biasanya.

"Bapak juga makan minta nambah nasinya 2 porsi. Beluiu bilang masakannya enak," ungkap Shiera.

 

3 dari 3 halaman

Pesan Minuman Dingin

Tak hanya itu, Jokowi biasanya hanya memesan minuman teh hangat saja. Tapi kali ini, es teh manis, es jeruk nipis, dan es kelapa dipesannya.

"Tumben hari ini lebih dominan minum es. Waktu itu cuma teh manis hangat," kata dia.

Saat itu, Jokowi duduk di ujung tengah joglo satu meja bersama istri, anak dan cucunya di joglo. Sedangkan staf kepresidenan maupun Paspampres duduk di meja mengelilingi Jokowi beserta keluarganya.

Maka tak heran jika Jokowi harus merogoh kocek sebesar Rp 13,3 juta untuk sekali makan bersama keluarga beserta rombongannya itu. "Karena yang pesan makanan juga orangnya banyak," pungkas Shiera.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.