Sukses

Uniknya Kaktus Jadi Kado Natal

Fokus, Solo - Berbagi bunga sebagai cenderamata atau ucapan hari Natal sudah biasa. Nah, bagaimana dengan terarium atau taman mini dari kaktus? Ide membuat rangkaian kaktus menjadi buah tangan hari Natal, ternyata jadi tren baru yang cukup banyak peminatnya.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Kamis (21/12/2017), penampilan tanaman jenis sukulen atau kaktus yang dirangkai menjadi taman mini akan tampak jadi berbeda. Atau, untuk lebih mempercantik, bisa juga dimasukkan dalam wadah kaca yang disebut terarium.

Weni Setiawati, seorang ibu rumah tangga di Solo, Jawa Tengah, yang mengkreasikan beragam tanaman sukulen ini menjadi lebih sedap dipandang dan menjadi peluang usaha. Jelang perayaan Natal, tak sedikit pula yang memesan untuk dijadikan cenderamata atau ucapan Natal.

Cara merangkai kaktus dalam sebuah wadah cukup sederhana. Yang harus diperhatikan adalah komposisi tanah dan humus. Perbandingannya harus seimbang, agar kaktus tidak cepat kering atau membusuk. Setelah dirangkai, tinggal diberi aksesori pelengkap.

Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung ukuran dan kerumitan. Satu tanaman kaktus, harga termurah dibanderol Rp 7.500. Sementara untuk rangkaian kaktus, harganya bisa mencapai Rp 700 ribu.