Sukses

Asep Kambali, Bangun Nasionalisme Bangsa Lewat Sejarah

Liputan6.com, Jakarta - Terinspirasi dari pidato sang Proklamator, Presiden Soekarno, seorang pemuda di Jakarta mendirikan sebuah komunitas yang mengingatkan akan pentingnya arti sejarah. Pemuda tersebut adalah Asep Kambali atau yang akrab disapa Kang Asep. Dialah yang mencetuskan Komunitas Historia Indonesia (KHI).

Awal Kang Asep mendirikan KHI dari keprihatinannya akan kemegahan bangunan-bangunan kota tua yang mulai tergerus oleh modernitas. Hal ini seiring pula kisah sejarah di balik bangunan tersebut yang kian terlupakan.

Asep mengaku mengubah pola pikir setiap orang untuk lebih peduli akan budaya dan sejarah tidak mudah. Berbagai tantangan telah dilaluinya.

Untuk lebih mengenalkan kembali pentingnya mencintai budaya dan sejarah Indonesia, seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Senin (11/12/2017), KHI rutin berkumpul untuk berbagi kisah sejarah dengan mengadakan tour gratis ke tempat-tempat bersejarah.

Kini harapan pria 38 tahun ini, gerakan sosial ini dapat membangun kesadaran nasionalisme bangsa lewat pendidikan sejarah.