Sukses

Polisi Tangkap Pengusaha yang Nekat Menculik karena Urusan Bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap tiga pelaku penculikan di sebuah apartemen di kawasan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Senin 27 November 2017. Penculikan diduga berkaitan dengan persoalan utang piutang bisnis.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan mengatakan, pengusaha asal Semarang, Jawa Tengah, IAP meminjamkan uang kepada rekan bisnisnya berinisial K sebesar Rp 1 miliar. Namun, uang tersebut belum dikembalikan dan menjadi menghilang.

Untuk mencari keberadaan K, IAP menyuruh beberapa orang dan dijanjikan imbalan. Mereka kemudian menculik orang-orang terdekat K dengan maksud dijadikan sebagai umpan.

Kawanan penculik itu kemudian mendatangi tempat kerja Karsito di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, pada Selasa 21 November 2016. Mereka langsung membawanya ke tempat tinggal IAP. Selama disekap, korban sempat dianiaya pelaku.

"Padahal Karsito ini cuma kenal saja dengan K, dan Karsito ini tidak mempunyai utang apa pun terhadap IAP," ujar Hendy saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Karsito bukan satu-satunya korban. Ada pula Riki, dan seorang laki-laki warga Aceh yang belum diketahui identitasnya.

Korban Riki, merupakan seorang karyawan di salah satu bank swasta. K adalah salah satu nasabah Riki. Dia juga disekap dan dianiaya sejak Sabtu 29 November 2017.

"Riki itu ditelepon lalu disuruh datang ke Cibubur Village, kemudian langsung disekap," beber dia.

 

 

1 dari 2 halaman

Pria Asal Aceh

Sementara seorang pria asal Aceh diketahui juga meminjamkan uangnya pada K. Namun pria tersebut ikut disekap dengan dalih agar sama-sama mencari K.

"Satu lagi ini orang Aceh yang uangnya dibawa lari juga oleh K. Kemudian dibujuk untuk sama-sama cari K agar datang ke Jakarta, tapi malah ikut disekap di situ," jelas Hendy.

Dengan menculik beberapa orang tersebut, diharapkan K bisa menemui IAP agar mengembalikan uang Rp 1 miliar yang pernah ia pinjam.

Pengungkapan kasus penculikan ini terjadi lantaran istri Karsito curiga suaminya tidak kunjung pulang kerja dan tanpa kabar. Istri korban lantas melaporkan hal itu ke Polda Metro Jaya.

Polisi menangkap tiga tersangka, yakni IAP (59), yang diduga sebagai otak penculikan, SM (29) warga Gunung Kidul, Yogyakarta, dan RD warga Bogor, Jawa Barat. Sementara enam pelaku lainnya masih diburu polisi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

Artikel Selanjutnya
Polisi Ringkus Polisi Gadungan Berpangkat Brigjen yang Ancam Penyidik
Artikel Selanjutnya
Timah Panas Akhiri Pelarian Komplotan Perampok Sadis di Sumsel