Sukses

Mendagri Target Partisipasi Pemilih Pilkada 2018 Naik Jadi 78%

Tjahjo mengaku optimistis pilkada serentak 2018 akan berjalan lancar

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Medagri) Tjahjo Kumolo berharap tingkat partisipasi pemilih di pilkada serentak 2018 meningkat di banding pilkada seretak sebelumnya.

"Jika di 2015 itu ada 70 persen, 2016 naik 74 persen. Kami harap 2018 itu 78 persen," ujar Tjahjo di Istana Kepresidenan, Kamis (9/11/2017).

Tjahjo mengaku optimistis pilkada serentak 2018 akan berjalan lancar. Dia yakin KPU, Bawaslu, Kepolisian, BIN, dan TNI sanggup mengamankan hajatan ini.

"Memang ada satu-dua bermasalah, tapi gak apa. Ini menarik karena Pilkada Serentak tahun depan itu ada 171 dan beraroma pileg dan pilpres," kata dia.

Dia menambahkan, pengalaman Pilkada yang ada, Aceh jadi kawasan yang rawan konflik. Namun, nyatanya Aceh enggak ada masalah.

"Sekarang Papua. Perlu sosialisasi yang lebih besar. Daerah lain, saya rasa, nggak ada masalah meski Jawa itu padat penduduk, Sumsel juga. Konsentrasi di Papua saja," ujar Tjahjo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gencar Sosialisasi

Pihaknya akan gencar sosialisasi, jangan sampai yang kalah tidak menerima putusan MK.

"Mereka kan tidak paham, tahapan-tahapan hukum harus dipahami."

Politikus PDIP itu meminta praktik politik uang yang merusak demokrasi dihindari. 

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.