Sukses

Keluarga Bocah SD Korban Persekusi di Pekayon Maafkan Pelaku

Kedua belah pihak berjanji tak akan saling menuntut baik perdata maupun pidana.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga bocah SD diduga korban persekusi atau bullying dengan julukan Ahok sudah memaafkan pelaku setelah melakukan mediasi di Polsek Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Mediasi antara orangtua korban bullying dengan orangtua pelaku, disaksikan langsung oleh Kapolsek Pasar Rebo, Tim Polda Metro Jaya, pihak sekolah dan suku dinas pendidikan Jakarta Timur.

"Kedua belah pihak sudah saling memaafkan terkait peristiwa pembulian dan perlakuan kekerasan yang dialami JSZ, dan tidak akan mempermasalahkan lagi," kata Kuasa hukum korban, Achmad Budi Prayoga kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (1/11/2017).

Selain itu, kata Budi, kedua belah pihak berjanji tak akan saling menuntut baik perdata maupun pidana.

"Para orangtua akan mengevaluasi diri mengambil hikmahnya," kata dia.

Kasus ini berawal dari cerita sebuah akun Facebook dengan nama Bearo Zalukhu. Di sana, dia menceritakan kembali kejadian yang menimpa bocah berinisial JSZ.

Dia mengatakan, keponakannya itu mendapat bullying dari teman-temannya, terutama semenjak kata-kata pribumi muncul kembali ke publik. Keponakannya itu diberi julukan Ahok.

"Semenjak kejadian kasus Ah*k hingga kini di sempurnakan oleh "Kata Primbumi" anaknya di sebut sebut sebagai ah*k disekolahnya, teman temanya juga mengatakan bunuh ah*k," tutur Bearo di akun Facebooknya pada Senin 30 Oktober 2017.

Akun Bearo Zalukhu juga menulis, sang ibu juga mendapat panggilan Mama Ahok.

Saat sekolah tempat anak tersebut menimba ilmu disambangi Liputan6.com, Selasa 31 Oktober, pihak dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ternyata sedang melakukan konfirmasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata KPAI

Komisioner KPAI Retno Listyarti menyampaikan, peristiwa dugaan persekusi itu benar terjadi.

"Karena memang anak ini matanya sipit gitu ya memang dia dijulukin Pak Ahok. Mungkin karena Ahok memang terkenal banget ya. Jadi mungkin itu gitu," tutur Retno di SDN di Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

KPAI awalnya mendapatkan informasi itu dari laporan sosial media. Setelah ditelusuri ke Suku Dinas Pendidikan Jakarta Timur, ternyata memang benar anak itu bersekolah di lokasi tersebut.

"Kami akan melakukan rehabilitasi dan untuk itu tentu mesti berkomunikasi dengan psikolog P2TP2A, ini kan milik pemerintah," jelas Retno.

Hanya saja, menurut dia, ada beberapa hal yang tertulis di akun Facebook milik Bearo dibantah oleh pihak sekolah. Seperti adanya pemukulan dari teman sekelas dan tusukan pulpen di telapak tangan si anak.

"Seminggu kok (nggak masuk sekolahnya). Bukan dua minggu seperti di FB. Kan ada data absensi juga sekolah kan, mereka punya fakta juga dan lain-lain. Tapi sejauh ini KPAI menilai sekolah ini kooperatif dan kami juga akan diantar nanti ke orangtua siswa untuk menemui Ananda ini. Tapi hari ini Ananda tidak masuk sekolah," Retno menandaskan.

Sementara itu, pihak sekolah enggan berkomentar. Urusan tersebut diserahkan ke Dinas Pendidikan dan Polsek Pasar Rebo.

"Urusan di sekolah sudah selesai. Kalau mau informasi tanyakan ke dinas pendidikan atau polsek," kata salah seorang guru.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.