Sukses

Pengamat: Jenderal Gatot Bisa Gerus Suara Prabowo di Pilpres 2019

Gatot Nurmantyo punya posisi strategis di Pilpres 2019. Manuvernya selama ini diduga diamini Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo punya peran strategis dalam Pilpres 2019. Jokowi, ujar dia, punya keuntungan bila menggandengnya sebagai Cawapres.

Strategi itu berpotensi memenangkan Jokowi. Sebab, sosok Gatot berpeluang menggerus suara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Manuvernya menarik segmen pemilih baru untuk Pak Jokowi, dan saling melengkapi sipil militer. Islam dan satunya Islam moderat," Burhanuddin membeberkan analisisnya di Warung Solo, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2017).

Dia menyebut Gatot mempunyai loyalitas pada Jokowi. Bahkan, Burhanudin menduga manuver yang dilakukan Gatot selama ini diamini Jokowi.

"Diam-diam Pak Jokowi menikmati manuver politik dari Panglima TNI," ucap Burhanuddin.

Manuver Gatot, kata dia, bisa menambah suara bagi Jokowi di 2019. Sebab, basis suara yang ditarik Gatot bukan dari basis yang sama dengan Jokowi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesaing Jokowi

Pendukung atau relawan Presiden Joko Widodo yang tergabung dalam Projo mulai menakar lawan serius di Pilpres 2019. Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dianggap sebagai saingan terdekat.

"Prabowo serius karena punya partai, yang lain enggak punya. Makanya kami perhitungkan Pak Prabowo sebagai lawan serius," ucap Ketua Umum Projo Budi Ari Setiadi dalam diskusi "Siapa Wapres Jokowi 2019" di Warung Solo, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2017).

Ia menegaskan, Prabowo sebagai pemimpin partai telah menginstruksikan kadernya mempersiapkan diri pada 2019. Projo memandang langkah itu perlu diantisipasi.

Budi menjadikan Pilkada DKI sebagai pelajaran. Ia menyebut banyak masyarakat yang puas dengan kinerja salah satu calon, tapi tak memilih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat ini menjabat sebagai Panglima TNI sejak 8 Juli 2015.
    Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat ini menjabat sebagai Panglima TNI sejak 8 Juli 2015.

    Gatot Nurmantyo

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto