Sukses

Ramai-ramai Menyumbang untuk Korban Bencana

Liputan6.com, Kutai Barat: Niat baik itu pun berbuah manis. Panitia Festival Dahau yang digelar masyarakat Dayak di Kutai Barat, Kalimantan Timur, Sabtu (6/11), berhasil mengumpulkan uang sumbangan sebesar Rp 50 juta. Uang ini akan diberikan bagi para korban Gunung Merapi di Yogyakarta serta gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat.

Uang sumbangan berasal dari hadirin yang menyaksikan tari enggang yang dibawakan masyarakat Dayak. Mereka berlomba-lomba memasukkan uang ke kantung sumbangan yang disediakan panitia.

Cara tak kalah unik dilakukan sejumlah seniman barongan di Desa Wergu Wetan, Kudus, Jawa Tengah. Mereka menggalang dana peduli bencana Merapi dan tsunami Mentawai dengan beraksi di kampung-kampung dan pasar. Caranya dengan berjalan kaki sejauh dua kilometer. Atraksi seni berhasil menghimpun dana hampir Rp 3 juta untuk diteruskan melalui PMI cabang Kudus.

Kepedulian juga ditunjukkan sejumlah siswa SMP 4 Watampone, Bone, Sulawesi Selatan. Mereka berinisiatif mengedarkan kotak sumbangan di dalam lingkungan sekolah. Rencananya para siswa mengirimkan dana yang dihimpun dalam tiga hari setiap jam istirahat itu melalui Pundi Amal SCTV.

Sementara di Gorontalo, ratusan santri cilik taman kanak-kanak dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Islah juga menggelar pengumpulan dana untuk korban Merapi dan Kepulauan Mentawai. Hasil dari aksi penggalangan dana ini terkumpul Rp 11 juta.

Sebelum menyumbang anak-anak diberi pengarahan mengenai bencana dan dampaknya. Para santri cilik juga diajak mendoakan para korban bencana.(AIS)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS