Sukses

Jokowi: Jangan Sampai Hutan Tak Memberi Manfaat untuk Rakyat

Jokowi mengaku heran, warga yang tinggal di kawasan hutan yang di kelola pemerintah bisa

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin hutan Indonesia dikelola dengan baik. Jokowi menegaskan, jangan sampai rakyat tidak merasakan manfaat dari hutan yang membentang di Indonesia.

"Jangan sampai hutan itu tidak memberikan apa-apa terhadap rakyat. Kembali lagi, kenapa negara lain di Swedia, di Finlandia bisa memakmurkan rakyatnya. Kenapa kita tidak?" ujar Jokowi di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Jokowi blak-blakan soal kondisi pengelolaan hutan saat ini. Salah satunya kondisi hutan jati dan lahan Perhutani.

Warga di sekitar hutan itu justru miskin. Harusnya, kata Jokowi, kawasan hutan yang besar dan produktif bisa menyejahterakan warga sekitarnya.

"Saya sudah enggak usah ngomong karena saya sudah tahu apa yang saudara lakukan semuanya," tegas Jokowi.

Berbagai inovasi harus terus dilakukan dengan terus menerus. Terlebih, Indonesia saat ini butuh energi terbarukan sehingga nantinya bisa dibangun hutan energi yang menghasilkan manfaat bagi masyarakat.

"Saya akan ikuti terus, akan saya cek kalau masih ada yang main-main awas, dah. Saya hanya titip hati-hati kalau saya sudah bilang awas, hati-hati," Jokowi menandaskan.

Saksikan video Menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.