Sukses

Tol Widodaren-Karanganyar Dioperasikan Fungsional Jelang Lebaran

Royke mengatakan, ruas Tol Widodaren bisa memecah volume kendaraan di Kartosuro, Solo, Kabupaten Karanganyar, Sragen, dan Mantingan.

Liputan6.com, Jakarta Ruas Tol Widodaren-Karanganyar akan mulai digunakan secara fungsional pada H-7 Lebaran 2017. Tol tersebut merupakan jalur alternatif bagi pemudik dari Surabaya menuju Solo.

"Ruas tol ini mulai difungsikan pada Senin tanggal 19 Juni 2017. Pengoperasiannya berlangsung pada pukul 06.00 sampai 17.00," kata Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa di pintu Tol Widodaren, Jawa Timur, Rabu (14/6/2017).

Ini adalah pintu tol fungsional yang menghubungkan Widodaren sampai Ngasem, Kecamatan Sukoharjo yang melewati Surakarta.

Royke mengatakan, ruas Tol Widodaren bisa memecah volume kendaraan di Kartosuro, Solo, Kabupaten Karanganyar, Sragen, dan Mantingan.

"Soal rest area, terdapat lima titik di sepanjang Tol Widodaren-Ngasem. Setiap rest area berjarak 10 kilometer," ucap Royke.

Mantan Kapolda Papua Barat ini menambahkan, pihaknya telah menugaskan 10.000-15.000 personel.

"Personel sudah (turun) full. Untuk Jatim sudah ada 10 ribu sampai 15 ribu (personel). Begitu juga Jateng untuk mengantisipasi di titik Kartosuro, Surakarta, Sragen," kata Royke.

Sejumlah ruas tol dari Surabaya ke arah Solo saat ini memang masih dalam tahap penyelesaian. Misalnya di ruas Tol Mojokerto-Kertosono dan Kertosono-Solo. Namun, ruas tol tersebut tetap akan dibuka secara fungsional pada musim mudik Lebaran mendatang.

Royke mengatakan, pihaknya akan membatasi jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol fungsional tersebut agar tidak malah menjadi biang kemacetan.

"Iya betul, pasti akan jadi kemacetan bila semua kendaraan lewat sini," kata Royke saat meninjau pembangunan ruas Tol Surabaya-Solo, Jawa Timur, Rabu 14 Juni 2017.


Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.