Sukses

Petani Tembakau dan Kakao Kelimpungan

Cuaca buruk yang terus menerjang akhir-akhir ini membuat para petani tembakau dan kakao kelimpungan. Pasalnya, tanaman mereka membusuk akibat terkena hujan deras.

Liputan6.com, Temanggung: Perubahan cuaca ekstrem membuat para petani tembakau dan kakao kelimpungan. Hujan deras yang terus mengguyur di Temanggung, Jawa Tengah, membuat ratusan hektar tanaman tembakau siap panen menjadi menguning, serta mengkerut dan busuk, Sabtu (25/9). Petani merugi hingga 50 persen atau sekitar Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.

Tidak hanya di Temanggung, tanaman kakao di Bandarlampung juga mengalami hal yang sama. Dua hektar kebun yang biasanya menghasilkan dua ton buah kakao kering. Kini, kebun itu hanya mampu menghasilkan 200 kologram.

Petani berharap, Dinas Pertanian dapat membantu dengan memberikan penyuluhan untuk mengantisipasi perubahan cuaca tersebut.(APY/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini