Sukses

Mata Novel Baswedan Akan Dioperasi Pekan Ini

Rencananya hari ini, tim dokter akan mengambil foto thorax terhadap dua mata Novel Baswedan.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kedua mata penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan masih belum memperlihatkan tanda-tanda ke arah yang lebih baik.

Rencananya hari ini, Selasa (16/5/2017), tim dokter akan mengambil foto thorax terhadap dua mata Novel. Sebelumnya, tim dokter juga sempat melakukan pengecekan kornea mata.

"Hal ini merupakan bagian dari persiapan rencana pelaksanaan operasi membran sel pada mata Novel Baswedan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Ia mengatakan, setelah melakukan serangkaian tindakan medis dan perawatan di Singapura, dokter mempertimbangkan untuk melakukan operasi pemasangan membran sel (baby skin) di kedua mata Novel Baswedan pada akhir pekan ini. Membran akan diambil dari plasenta bayi.

"Tujuan operasi adalah merangsang pertumbuhan sel-sel pada mata yang rusak akibat penyiraman air keras. Efek operasi, pasien dalam beberapa minggu akan mengalami pandangan yang sangat kabur," kata Febri.

Dari hasil observasi yang sudah dilakukan, ia menjelaskan, masih ditemukan inflamasi atau peradangan di bagian tengah kornea mata sebelah kanan. Terjadi pertumbuhan lapisan, tapi lambat.

"Untuk mata kiri (Novel Baswedan), pertumbuhan pembuluh darah mata juga terhitung lambat. Namun tekanan mata normal setelah pemberian obat. Hal ini akan terus dikontrol ke depan," ucap Febri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.