Sukses

Erick Thohir Dinilai Sosok Terbaik Lanjutkan Visi Indonesia Maju

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai figur pemimpin yang bisa melanjutkan pembangunan Indonesia yang telah dilakukan Presiden Jokowi selama dua periode.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Sahabat Setia Erick Thohir (Satset) meyakini Menteri BUMN Erick Thohir adalah pilihan terbaik untuk menjadi penerus perubahan dan keberlanjutan visi Indonesia.

Hal inilah yang membuat relawan Satset mendeklarasikan dukungan untuk Erick agar maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Kalau kita bahasakan, Pak Erick Thohir menteri kunci dari Pak Jokowi, yang sering diberikan tugas-tugas yang bisa dibilang impossible,” ujar Ketua Umum Relawan Satset, Ahmad Nabil Bintang dalam keterangan tertulis, Selasa (7/3/2023).

“Karena itu, Pak Erick Thohir adalah pilihan terbaik untuk meneruskan perubahan yang sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi dan tentunya keberlanjutan dari visi pembangunan Indonesia maju yang sudah berjalan,” imbuhnya.

Dia membeberkan tugas monumental yang berhasil direalisasikan Erick Thohir adalah penanggulangan pandemi Covid-19 dan pemberantasan korupsi di Kementerian BUMN. Berkat kegigihannya bekerja sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), jutaan vaksin berhasil didatangkan dari berbagai negara, sehingga program vaksinasi nasional bisa berhasil.

Demikian pula dengan upaya pemulihan ekonomi masyarakat yang digalakkan Erick Thohir melalui berbagai program di lingkup Kementerian BUMN. Program-program ini antara lain KUR, Mekaar, hingga Makmur.

Ketiga program tersebut mengupayakan pemulihan ekonomi nasional melalui sektor UMKM di masyarakat akar rumput.

Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tahun 2022, peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia dengan jumlahnya mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha. 

Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5 persen dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberantasan Korupsi di BUMN

Di sisi lain, Nabil menjelaskan, pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh Erick Thohir juga perlu mendapatkan apresiasi. Atas arahan Presiden Jokowi, ia berhasil menyelesaikan kasus korupsi yang sudah bertahun-tahun tidak terselesaikan. Seperti halnya penyelesaian kasus korupsi di Jiwasraya, Asabri, dan Garuda Indonesia.

“Keberlanjutan perubahan membutuhkan pemimpin yang tepat dan mengerti arah pembangunan Indonesia ke depannya, untuk itu Pak Erick Thohir adalah pemimpin yang tepat agar setelah pilpres nanti Indonesia bisa terus maju dan tidak berbelok haluan,” pungkas Nabil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.