Sukses

Cerita Mensos Khofifah Jelang Wafatnya KH Hasyim Muzadi

Mensos Khofifah selalu memantau kondisi kesehatan KH Hasyim Muzadi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengaku terus memantau kondisi kesehatan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) KH Hasyim Muzadi, selama dirawat hingga mendapat kabar wafat hari ini pada pukul 06.15 WIB.

"Tiga hari lalu saya masih berkunjung ke rumah sakit dan dengan seizin keluarga, saya memang minta untuk mendapatkan update kondisi beliau," ujar Khofifah di rumah duka kompleks Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat, Kamis (16/3/2017).

Ketua Umum PP Muslimat NU itu mengatakan, berdasarkan informasi yang diterimanya dari tim medis yang merawat Hasyim Muzadi, pada Kamis pukul 02.30 WIB kondisi kesehatan mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu masih baik.

"Tadi malam pukul 00.22 saya masih dapat update denyut nadinya bagus, tensinya bagus saya mengonfirmasi pukul 02.30. Kemudian pukul 03.30 Direktur RS Lavallete mengonfirmasi bahwa sudah ada penurunan denyut nadi, kemudian beliau mengirim full time dokter dari UGD ke pondoknya KH Hasyim yang ada di Malang," ungkap Khofifah, seperti dilansir Antara.

Khofifah mendapat kabar meninggalnya anggota DPRD Jawa Timur 1986 itu pada pukul 06.26 WIB, setelah dokter memastikan meninggal pada pukul 06.13 WIB.

Khofifah yang seharusnya mendampingi Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri lainnya ke Pontianak, Kalimantan Barat, terpaksa membatalkan kunjungan kerja tersebut untuk melawat ke rumah duka.

Tokoh Nasional KH Hasyim Muzadi lahir di Tuban, Jawa Timur pada 8 Agustus 1944. Kiai Hasyim wafat pada usia 73 tahun di kediamannya kompleks Pondok Pesantren Al Hikam, Malang, Jawa Timur.

Hasyim Muzadi sempat menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur. Sehari sebelum meninggal dunia, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana menjenguk Hasyim Muzadi di kediamannya Jalan Cengger Ayam, Kota Malang.

Dalam beberapa kali kunjungan kerja ke Jawa Timur, Khofifah juga selalu menjenguk Hasyim Muzadi, baik ketika di rumah sakit maupun di kediamannya. Pada Minggu 12 Maret lalu di sela kunjungan kerja ke Kota Malang, ia juga menjenguk sang kiai bersama Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di RS Lavalette.

Jenazah Hasyim Muzadi diterbangkan dari Malang menuju Jakarta, Kamis siang, dan akan dimakamkan di komplek Ponpes Al Hikam, Beji, Depok, Jawa Barat, usai salat Jumat besok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini