Sukses

Atasi Banjir Jakarta, Pemprov DKI Bangun Waduk Pekayon

Targetnya, pembangunan Waduk Pekayon untuk mengatasi banjir Jakarta ini rampung pada September 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI terus berupaya mencegah banjir Jakarta. Salah satunya dengan membangun waduk. Setelah Waduk Pluit, kali ini, pemprov membangun Waduk Pekayon, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Targetnya, pembangunan Waduk Pekayon rampung pada September 2017. Oleh karena itu, sebanyak empat alat berat dikerahkan untuk pembangunan tahap awal ini.

Kepala Bidang Aliran Timur Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Ahmad Syaiful, mengatakan keseluruhan waduk memiliki luasan 1,7 hektare. Saat ini, seluruh lahan sudah dibebaskan.

"Pengerjaan sudah kita lakukan sejak dua pekan lalu. Saat ini masih tahap pengerukan penampang basah," kata Ahmad, seperti dilansir dari Berita Jakarta, Minggu (12/3/2017).

Menurut dia, waduk ini akan dilengkapi pintu air, spill way dan jalan inspeksi. Pemprov berharap keberadaan waduk dapat mengatasi genangan air di sekitar kawasan tersebut.

"Kalau sesuai rencana, kita targetkan pengerjaan rampung September nanti," tandas Ahmad di Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini