Sukses

Janji Ahok untuk Pasukan Oranye dan Biru

Ahok sadar mereka bekerja sangat keras. Ahok berjanji menyediakan rusun bagi petugas tersebut. Lalu, apalagi janji Ahok?

Liputan6.com, Jakarta - Pasukan oranye dan biru menjadi orang yang sangat penting untuk menjaga Jakarta dari banjir dan genangan air. Untuk mengapresiasi kerja pahlawan banjir Jakarta yang tergabung sebagai Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Pasukan Biru Badan Air ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengumpulkan mereka di Balai Kota Jakarta Kamis 2 Maret 2017 kemarin.

Ahok tidak hanya memberi pengarahan penanganan banjir di Ibu Kota. Dia juga mengucapkan terima kasih atas jasa para pasukan warna itu pada acara tersebut.

"Terima kasih sekali, kerja begitu baik. Orang bilang saya kerja sendiri, mana bisa. Saya bukan superman," ujar Ahok di depan ratusan pasukan warna di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 2 Maret 2017.

Ahok sadar mereka bekerja sangat keras. Ahok berjanji menyediakan rumah susun (rusun) bagi petugas tersebut.

"Saya tahu saudara ini kerja. Saya bilang ini enggak sesuai sama gaji, cuma UMP kerja begitu berat. Maka kita urus perumahan, anak sekolah KJP," janji Ahok.

Mendengar janji Ahok itu, mata para pasukan tersebut berbinar dan mengangguk. Tidak hanya menjanjikan rusun, Ahok juga mengatakan akan menyiapkan sembako murah di perkulakan Pasar Jaya yang sedang dibangun.

"Kita siapkan juga pasar grosir, semua yang kerja bisa beli harga pabrik, biaya hidup murah," ucap Ahok.

Bagi petugas oranye dan biru yang merasa lelah bekerja kasar, Ahok menawarkan untuk bertani atau beternak lele di tanah sengketa atau tanah milik pemda. Seperti yang sudah-sudah, Ahok menjanjikan pembagian keuntungan 80:20 yakni 80 persen untuk warga dan 20 persen untuk pemda.

"Kalau mau bisnis, ada tanah pemda, mau tanam cabai, lele, berhenti jadi PPSU, kita tawarkan 80:20. Nanti 20 buat koperasi. Kan enggak selamanya jadi kerja kasar," kata Ahok.

Menilai kerja pasukan warga sangat berat, Ahok juga menjanjikan hiburan gratis tiap bulan berupa nonton bioskop XXI. Juga menonton pertunjukan seni di TIM untuk pasukan warna dan keluarganya.

Ahok bahkan berjanji untuk menemani mereka nonton bioskop. "Kita siapkan tiket juga ya di XXI, nontonnya sama keluarganya juga kalau yang jomblo sama pacar. Kerja begitu keras butuh hiburan kan," ujar Ahok.

Menurut dia, genangan Jakarta cepat surut karena jasa pasukan oranye dan biru. Dia juga meminta mereka mengutamakan keselamatan dengan memakai pelindung diri.

"Pakai (alat) keamanan, saya tidak ingin ada kecelakaan kerja," ucap Ahok.

"Jakarta cepat surut karena jasa saudara semua, (kalau masih banjir) itu pompanya tersumbat sampah. Saudara memang harus menyisir, enggak boleh ada genangan karena Jakarta langsung macet," lanjut Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.